Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI akan terbangi lagi AS dan Australia

JAKARTA: Dua maskapai nasional Lion Air dan Garuda Indonesia bersiap kembali terbang masing-masing ke Australia dan Amerika Serikat.Menhub Freddy Numberi saat menghadiri pertemuan para menteri transportasi APEC di Amerika Serikat menyatakan telah dibicarakan

JAKARTA: Dua maskapai nasional Lion Air dan Garuda Indonesia bersiap kembali terbang masing-masing ke Australia dan Amerika Serikat.Menhub Freddy Numberi saat menghadiri pertemuan para menteri transportasi APEC di Amerika Serikat menyatakan telah dibicarakan sejumlah hal secara bilateral dengan beberapa negara.Di bidang transportasi udara, Indonesia menyampaikan rencana pembukaan kembali penerbangan dari Indonesia menuju Darwin, Australia."Maskapai Lion Air siap berpartisipasi dalam waktu dekat dan terbangi Australia kembali," kata Menhub dalam pernyataan resminya hari ini.Menanggapi hal tersebut, lanjut Freddy, Australia menyambut baik tentang rencana pembukaan kembali penerbangan ke Darwin, Australia dari Indonesia. Selain itu Australia menginginkan kerja sama yang lebih erat dengan Indonesia tentang keselamatan penerbangan dan keamanan penerbangan.Pada kesempatan berbeda, Wakil Menhub Bambang Susantono mengatakan pemerintah RI terus melakukan lobi dengan pemerintah AS untuk memuluskan rencana Garuda bisa terbang ke AS. Saat ini sudah ada keinginan kedua negara untuk saling menerbangkan pesawat masing-masing."Sudah ada saling ketertarikan di antara keduanya (RI-AS), dua-duanya ingin mengoperasikan maskapainya melintas Pasifik ke negara masing-masing," kata Bambang.Penerbangan Garuda, jelasnya, saat ini telah meningkatkan keamanan dan keselamatan, dan diharapkan otoritas penerbangan AS yakni Federal Aviation Administration (FAA) dapat meningkatkan kategori penerbangan Garuda dalam kategori pertama. Saat ini kategori maskapai di Indonesia masih masuk kategori dua yang artinya masih belum benar-benar mengikuti standar keselamatan penerbangan FAA.VP Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan Garuda Indonesia akan melihat kemungkinan terbangi AS setelah tersedianya armada pesawat. "Tergantung armadanya, saat ini kami masih menunggu kedatangan pesawat Boeing 777-300 ER yang kami pesan, dan rencananya datang pada 2013," kata dia. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper