Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: PT Angkasa Pura I akan kembangkan sejumlah bandara di bawah naungannya dan menyiapkan belanja modal atau capital expenditure senilai Rp5,6 triliun hingga 2013.
 
Untuk menutupi belanja modal tersebut, AP I tengah menimbang untuk menerbitkan obligasi sekitar Rp3 triliun yang akan dikelola dua perusahaan sekuritas yakni Danareksa dan Bahana. 
 
Sekretaris Perusahaan AP I Miduk Situmorang mengatakan pihaknya tengah mengkaji segala kemungkinan untuk memperoleh dana capex tersebut.
 
"Kami sudah jajaki pinjaman bank dan obligasi. Kami undang Danareksa dan Bahana untuk evaluasi layaknya apakah terbitkan obligasi atau pinjaman bank. Prinsipnya karena likuditas baik, Bank Mandiri sudah menyatakan minat," kata Miduk usai acara penyerahan bantuan Rp500 juta kepada Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) siang ini. 
 
Miduk menambahkan pihaknya lebih tertarik untuk menerbitkan obligasi karena biaya dananya lebih murah ketimbang pinjaman bank. Namun hal itu masih tergantung pengkajian kedua perusahaan sekuritas yakni Danareksa dan Bahana.  
 
"Mungkin kami terbitkan obligasi bisa  Rp3 triliun. Kami tidak mau pinjam dari luar. Kami lebih senang dengan terbitkan obligasi," kata dia.
 
Miduk menambahkan saat ini pihaknya memiliki dana yang siap dipakai untuk capex Rp1,5 triliun. 
 
"Dahulu saat membangun bandara di Ujung Panjang, kami berencana menerbitkan obligasi Rp400 miliar, dari total dana yang dibutuhkan Rp700 miliar, tetapi tidak jadi. Begitu juga Lombok Rp450 miliar, ternyata kami bisa biaya sendiri," kata Miduk.
 
Dia menambahkan seluruh dana capex ini akan digunakan untuk mengembangkan sejumlah bandara di bawah naungannya yakni bandara Ngurah Rai, Bali yang akan menelan dana Rp2 triliun, Sepinggan Balikpapan Rp1,7 triliun, Bandara Juanda Surabaya Rp400 miliar, Adi Sucipto Yogyakarta Rp300 miliar, bandara di Banjarmasin, dan di Kupang serta di Lombok. (sut)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper