Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JEMBER: PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) optimistis membukukan pendapatan lebih dari Rp1,1 triliun setelah hampir merealisasikan angka itu pada tahun lalu melalui pembudidayaan karet. kopi, kakao, teh dan kayu-kayuan.
 
Direktur Sumberdaya Manusia dan Umum PTPN XII Soewarno mengatakan komoditas tanaman keras itu masih menjadi andalan untuk peningkatan pendapatan, meskipun sejak beberapa tahun terakhir BUMN tersebut melakukan diversifikasi usaha. 
 
Menurut dia, beberapa pengembangan usaha dalam beberapa tahun terakhir memberikan pendapatan cukup besar, antara lain pembuatan gula kelapa, agrowisata, budidaya hortikultura/tanaman semusim.
 
Melalui fokus terhadap bisnis inti serta perluasan usaha dapat membukukan pendapatan hampir Rp1 triliun dengan keuntungan Rp100,9 miliar pada 2010.
 
“Kami optimistis tahun ini mampu mencapai target revenue yang dipathok naik menjadi Rp1,1 triliun dan laba Rp110 miliar. Kenaikan revenue dikontribusikan bertambahnya tanaman karet yang sudah berproduksi,” ujarnya di sela-sela acara Halal Bihalal Keluarga PTPN XII (Persero), hari ini.
 
Soewarno tidak menyebutkan berapa realisasi pendapatan BUMN tersebut hingga semester I tahun ini, tetapi dia meyakini hingga akhir Desember mendatang bisa melampaui pendapatan pada 2010.
 
Kenaikan pendapatan tahun ini terutama didukung oleh hasil sadapan tanaman karet, dimana luasan tanaman menghasilkan komoditas tersebut tahun ini mencapai 7.000 hektare dari total areal 16.000 hektare. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Adam A. Chevny

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper