Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor asing minati proyek pengembangan bandara Soekarno-Hatta

 

 

JAKARTA: Manajemen PT Angkasa Pura II mengklaim sejumlah investor asing tertarik ikut mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta (BSH) seiring telah selesainya rencana induk pengembangan bandara di Jakarta itu.
 
"Sejumlah investor asing sudah mendekati kami dan menyatakan minatnya, ada dari India, Singapura, Korea, dan Jepang," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sunoko hari ini.
 
Dia menambahkan investor yang sudah menyatakan minatnya turut berinvestasi mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta di antaranya dari Korea Selatan ada dua yakni Samsung dan Incheon International Airport Company(IIAC) selaku pengelola bandara Korea Selatan. Investor dari Singapura disebut-sebut yakni Temasek dan dari Jepang Itochu.
 
"Mereka menawarkan kerjasama pembangunan terminal. Kalau terminal, AP II sudah berketetapan akan mengerjakan sendiri dengan dukungan dana dari perbankan lokal serta penerbitan obligasi. Jika pun akan ada kerjasama dengan investor, itu untuk daerah komersial seperti pusat perbelanjaan atau hotel," katanya.
 
Dia menambahkan sejauh ini tiga bank yang telah siap menggelontorkan pinjaman bagi AP II adalah BNI, Mandiri, dan BRI. 
 
"Kami belum tahu besaran pinjaman dan obligasi yang diterbitkan. Dana senilai Rp11,75 triliun yang disebut itu masih hitungan kasar. Bisa saja berubah jika desain teknis rinci atau detail engineering design (DED) selesai dikerjakan," jelasnya.
 
Angkasa Pura II menjadwalkan pada 2012 sudah dilakukan ground breaking (peletakan batu pertama) dan pada 2014 harus sudah ada yang diresmikan.(sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper