Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Alat bongkar muat kontainer baru (crane) di Pelabuhan Boom Baru Palembang ditargetkan segera beroperasi akhir bulan ini.
 
General Manager PT Pelindo II Palembang Andi Isnovandiono mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan internal untuk mengoperasikan container crane tersebut.
 
"Setelah persiapan internal, nanti Lloyd Register akan memastikan kesiapan seluruh alat," katanya kepada Bisnis hari ini.
 
Setelah Lloyd Register menyatakan peralatan siap, container crane akan dioperasikan. "Insyaallah akhir bulan ini, peralatannya sudah bisa dioperasikan guna menunjang kelancaran arus barang," tegasnya.
 
Sebelum peralatan itu terpasang, kinerja PT Pelindo II Cabang Palembang  hingga 6 bulan pertama tahun ini melonjak secara signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 
 
Pelabuhan Boom Baru, Palembang  tercatat membukukan laba bersih sebesar Rp32,5 miliar, atau naik hingga 100% dibandingkan dengan posisi yang sama 2010 sebesar Rpl8 miliar.
 
Menurut dia, setelah peralatan tersebut beroperasi, produktivitas bongkar muat akan meningkat secara signifikan sehingga kinerja perseroan ikut bergerak naik dibandingkan dengan posisi sekarang.
 
Data PT Pelindo II menyebutkan Pelabuhan Boom termasuk satu dari tiga pelabuhan yang mendapatkan fasilitas peralatan container crane dari total 45 peralatan bongkar muat yang dibeli perseroan itu dari China.
 
Total investasi PT Pelindo II untuk pengadaan alat tersebut hingga tahun 2012 sebesar Rp 769 miliar. Sementara untuk investasi keseluruhan, termasuk di antaranya fasilitas dermaga, mencapai Rp 3,6 triliun.(arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper