Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan Rp130 miliar untuk mendukung program pengembangan desa pesisir tangguh (PDPT) pada 2012.
 
Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad mengatakan sasaran program itu adalah untuk merevitalisasi lembaga ekonomi, lembaga keuangan mikro, sehingga pendapatan masyarakat pesisir meningkat. 
 
Tahun depan secara bertahap akan dimulai di 2.000 desa, dan berlanjut untuk mencapai target pengembangan  6.639 desa pesisir hingga 2014.
 
"Ini perlu upaya keras dari teman-teman di KKP dan di Senayan [DPR]. Secara formal usulan ini sudah muncul. Memang yang diusulkan untuk tahun depan baru Rp30 miliar, tinggal usulan tambahan dana Rp100 miliar," ujarnya saat acara pemaparan program PDPT, hari ini.
 
Dia mengakui program-program seperti itu sudah pernah ada pada tahun-tahun sebelumnya. 
 
Namun, program PDPT memiliki perbedaan di mana pada program sebelumnya diusulkan dari masing-masing desa, sedangkan program saat ini direncanakan secara sistematis oleh pemerintah.
 
Setiap 1 desa di 1 kabupaten akan mendapatkan dana Rp1 miliar. Secara ideal, kata dia, agar hasilnya baik, maka diperlukan anggaran Rp5 miliar per desa pesisir.
 
Program yang akan diimplementasikan mulai tahun depan itu, menurut Sudirman, dengan menggunakan kluster, di mana 1 kluster mencakup 3-5 desa pesisir agar lebih efisien. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper