4 Calon Ketum Hipmi usung tema UKM

 
Muhammad Sarwani
Muhammad Sarwani - Bisnis.com 13 September 2011  |  18:52 WIB

 

JAKARTA: Empat calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Periode 2011-2014 masing-masing mengedepankan agenda perkuatan usaha kecil menengah dalam programnya jika terpilih pada 17 Oktober 2011 di Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Keempat calon tersebut menyampaikan visi dan misinya secara resmi untuk menghadapi hari pemilihan di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan. Mereka adalah Harry Warganegara, Priamanaya, Raja Sapta Oktohari, dan Erik Hidayat.
 
Keempat calon sepakat mengedepankan memperkuat dalam agendanya, karena menyadari sektor tersebut menjadi basis ekonomi nasional. Oleh karena itu sama-sama mengusung perkuatan usaha kecil menengah (UKM).
 
"Banyak program pemerintah terkait UKM yang bagus, akan tetapi implementasinya masih jauh dari harapan. Ini akan jadi fokus saya bila terpilih agar bisa mendorong mereka lebih berhasil," ujar Harry Warganegara hari ini.
 
Pada kesempatan itu hadir, a.l. mantan Ketua Umum BPP Hipmi seperti Aburizal Bakrie, Sandiaga S.Uno, dan Siswono Yudhohusodo, serta Haryadi Sukamdani. Ini merupakan forum resmi dan pertama paara calon Ketua Umum Hipmi menyampaikan visi misinya.
 
Harry mengatakan  UKM harus jadi basis ekonomi nasional karena dalam dua kali krisis global pada 1998 dan 2008, terbukti sangat tangguh menyelamatkan ekonomi Indonesia. "Sekarang ada ancaman krisis global lagi, jadi UKM harus lebih diperkuat."
 
Calon lainnya, Raja Sapta Oktohari, mengatakan dia akan berupaya mendorong penciptaan kewirausahaan di berbagai daerah melalui dunia pendidikan seperti perguruan tinggi. Sebab, selama ini perguruan tinggi dijadikan Hipmi sebagai program unggulan.
 
"Program yang telah dilaksanakan Hipmi akan dilanjutkan terutama program unggulan untuk perguruan tinggi yang merupakan responsibility organisasi menumbuhkan gerakan kewirausahaan sejak bestatus mahasiswa menjadi pengusaha pemula," ujar Okto. 
 
Untuk itu, dia akan meningkatkan pelatihan untuk menambah pengetahuan berusaha. Termasuk asistensi dari pengusaha Hipmi yang lebih besar kepada pengusaha baru,” ujar promotor yang pernah mendatangkan penyanyi Justin Bieber ke Indonesia.
 
Kandidat lain, Priamanaya dan Erik Hidayat juga berjanji mendorong UKM sebagai basis ekonomi nasional. Pemilik bisnis ritel terbesar di Asia Tenggara, Priamanaya bahkan berjanji membangun lokasi-lokasi pasar grosir baru di berbagai daerah menggandeng anggota Hipmi di 33 provinsi.(sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top