Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Ramadan, stok Alfarmart naik tiga kali lipat

MALANG: Menyongsong datangnya Ramadan dan Lebaran, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pemegang brand minimarket Alfamart, meningkatkan stok barangnya hingga dua sampai tiga kali lipat.Branch Manager SAT Malang, Tri Prasetyo, mengatakan peningkatan stok tersebut

MALANG: Menyongsong datangnya Ramadan dan Lebaran, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pemegang brand minimarket Alfamart, meningkatkan stok barangnya hingga dua sampai tiga kali lipat.Branch Manager SAT Malang, Tri Prasetyo, mengatakan peningkatan stok tersebut mengacu pada angka penjualan pada bulan puasa dan Lebaran tahun-tahun sebelumnya.Peak season bisnis ritel memang terjadi pada bulan puasa dan Lebaran, kata Tri Prasetyo di Malang hari ini.Biasanya, ujar dia, tingkat penjualan naik dua hingga tiga kali lipat terutama di outlet Alfamart yang berada di pinggiran. Kalau untuk outlet yang ada di kota-kota kenaikan rata-rata hanya sebesar 25%-30% saja.Peningkatan penjualan, lanjutnya, diperkirakan mulai terjadi pada H-2 Ramadhan sebesar 10%-15%. Dan barang yang paling laku pada saat bulan puasa adalah kebutuhan memasak seperti karah santan, kacang hijau, sarden, indomie, kecap, dll.Hal ini terkait dengan konsumen yang mempersiapkan menu untuk buka puasa dan sahur dengan masakan yang lebih spesial dibandingkan dengan hari-hari biasa.Karena itu, menurutnya, produk yang berkaitan dengan masakan diketahui paling laris penjualannya. Sedangkan saat memasuki minggu kedua Ramadhan giliran penjualan snack, biskuit, dan sirup yang mengalami booming. Dia menurut, sebenarnya saat ini penjualan biskuit dan sirup sudah naik. Namun pembelinya bukan konsumen asli, melainkan trader. Mereka itu kulakan kemudian dijual lagi.Selain itu, peningkatan penjualan juga terjadi untuk produk pakaian Lebaran mulai sarung, sajadah, kopiah, baju koko, dll. Namun angka penjualannya tidak sebesar omzet department store yang memang mengkhususkan penjualan pakaian menyambut Lebaran.Toko Alfamart yang tersebar di seluruh daerah di Jatim distribusi dan pengelolaannya ditangani dua cabang yakni Surabaya dan Malang, tambahnya.Untuk cabang Malang, kata dia, wilayahnya meliputi toko Alfamart yang tersebar mulai Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Malang Raya, Blitar, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan sebagian toko di Sidoarjo serta Surabaya. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper