Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengamanan pasar dalam negeri ditingkatkan

JAKARTA: Pengamanan pasar dalam negeri akan ditingkatkan untuk mengantisipasi beredarnya barang tidak sesuai standar dan syarat yang ditentukan.Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengakui peredaran barang tidak sesuai standar menjelang puasa dan

JAKARTA: Pengamanan pasar dalam negeri akan ditingkatkan untuk mengantisipasi beredarnya barang tidak sesuai standar dan syarat yang ditentukan.Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengakui peredaran barang tidak sesuai standar menjelang puasa dan lebaran meningkat, seiring dengan meningkatnya permintaan. "Dari segi makanan dan minuman, kita tentu akan mengawasi supaya yang beredar bukan barang kadaluarsa sementara untuk produk lainnya, akan diawasi produk yang beredar itu memenuhi pesyaratan yang ditetapkan," kata Mari hari ini. Dia melanjutkan pihaknya juga akan melakukan pengawasan berkala terhadap masuknya barang impor untuk memastikan barang yang masuk tersebut bukan barang selundupan. Ketua Harian Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan menjelang hari raya, permintaan akan pakaian meningkat signifikan. Peritel memperoleh pakaian dari pemasok. Pemasok, sambungnya, memperoleh barang idak hanya dari industri domestik tetapi juga impor. Untuk produk impor bermerek, impor dilakukan atas kesepakatan dengan pemilik brand sehingga dipastikan tidak akan bermasalah. "Kalau produk non brand, impor secara reguler dan besar-besaran. Ini yang harus diantisipasi. Untuk menghalangi ini, kami selalu mengimbau agar produk dalam negeri harus efisien dan berdaya saing," jelasnya. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper