Harga gula lokal beranjak naik

News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 Juli 2011  |  05:20 WIB

SURABAYA: Harga gula berbahan baku tebu di tingkat produsen mulai bergerak naik ke level Rp8.410 per kg hingga Rp8.501 per kg dari harga rata-rata sebelumnya Rp8.045 per kg dalam dua pekan terakhir.

Diduga kuat hal tersebut terpengaruh kenaikan harga gula dunia yang menembus level tertinggi hingga US$775,40 per ton serta meningkatnya konsumsi gula mendekati bulan Ramadhan serta lancarnya aliran gula keluar pulau Jawa.

Adig Suwandi, Sekretrais Perusahaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI, mengatakan dalam tender penjualan 11.900 ton gula petani yang diikuti 33 pedagang di Surabaya, Rabu, gula hasil giling Pabrik Gula (PG) Madiun dilepas dengan harga Rp8.410 per kg, sementara gula di PG Semboro (Jember) dan PG Jatiroto (Lumajang) tembus Rp8.325 dan Rp8.501,5 per kg.

Di lingkungan PTPN X, Kadar Oesmadi, Ketua APTRI Wilker PTPN X, menyebutkan tender gula di PG Gempol Krep (Mojokerto) sebelumnya juga tembus Rp8.450 per kg.

Harga tersebut diharapkan mampu memotivasi petani tebu untuk terus meningkatkan produktivitas melalui best practices dan ekspansi areal, kata Adisg Suwandi dalam siaran pers yang diterima Bisnis, siang ini.(api)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top