Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korsel bantu US$100 juta untuk Waduk karian

JAKARTA: Pemerintah Korea Selatan siap memberikan pinjaman US$100 juta untuk membantu proyek pembangunan Waduk Karian, Banten, dengan investasi keseluruhan US$300 juta.Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mochammad Amron mengatakan pinjaman

JAKARTA: Pemerintah Korea Selatan siap memberikan pinjaman US$100 juta untuk membantu proyek pembangunan Waduk Karian, Banten, dengan investasi keseluruhan US$300 juta.Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mochammad Amron mengatakan pinjaman tersebut baru akan diberikan setelah proses pembebasan lahan yang disiapkan pemerintah telah mencapai 90% dari total lahan yang akan dibebaskan seluas 2.270 ha."Kami siapkan tanah, saat ini pembebasannya baru sekitar 50%. Dia (Korsel) akan sign kontrak pinjaman sekitar US$100 juta kalau lahan sudah bebas," ujar Amron di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum akhir pekan lalu.Amron mengatakan untuk mempercepat proses lahan tersebut, pemerintah telah menambah anggaran Rp50 miliar. Sehingga diharapkan pembebasan lahan waduk dapat segera terselesaikan tahun ini. "Proses pembebasan tanah sisa lahan diperkirakan tidak akan mengalami kesulitan karena sebagian besar milik kehutanan dan PTPN sehingga proses negosiasinya akan lebih mudah."Menurutnya, karena adanya bantuan pinjaman dari Korsel maka proses pelaksanaan konstruksi merupakan kerja sama antara kontraktor nasional dan melibatkan kontraktor Korsel. Proses konstruksinya diperkirakan selama tiga hingga empat tahun. Waduk Karian berkapasitas 219 juta m3 diharapkan dapat menampung debit air sekitar 14,6 m3/detik guna memenuhi kebutuhan air di bersih di wilayah Tangerang, Serang, Cilegon, Bekasi, Banten, DKI Jakarta. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper