Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dana talangan 4 ruas tol capai Rp712 miliar

JAKARTA: Pemegang konsesi empat ruas tol akan mengajukan dana talangan ke PT Pusat Investasi Pemerintah senilai Rp712 miliar. Dana tersebut akan dialokasikan untuk kegiatan pembebasan lahan di 24 ruas tol, sebelum dana dari APBNP dikucurkan pemerintah

JAKARTA: Pemegang konsesi empat ruas tol akan mengajukan dana talangan ke PT Pusat Investasi Pemerintah senilai Rp712 miliar. Dana tersebut akan dialokasikan untuk kegiatan pembebasan lahan di 24 ruas tol, sebelum dana dari APBNP dikucurkan pemerintah akhir tahun ini.Rinciannya yakni ruas Surabaya-Mojokerto dengan pemegang konsensi PT Marga Nujyasumo Agung senilai Rp60 miliar, ruas Depok-Antasari dengan pemegang konsensi PT Citra Waspphutowa Rp300 miliar, ruas Kunciran-Serpong dengan pemegang konsensi PT Marga Trans Nusantara Rp200 miliar, dan ruas Cengkareng-Kunciran dengan pemegang konsensi PT Marga Kunciran Cengkareng Rp152 miliar.Dana pengajuan pinjaman itu akan digunakan pemegang konsesi dalam pembebasan lahan untuk ruas yang belum dibebaskan sama sekali, seperti di ruas Depok-Antasari, dan atau untuk kelanjutan pembebasan lahan seperti di ruas Surabaya-Mojokerto yang sudah terealisasi hampir 50%nya saat ini.Empat ruas tersebut merupakan bagian dari ruas tol yang sudah ditandatangani amandemen Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT). Artinya, dari 11 ruas yang sudah menandatangani amandemen PPJT, tujuh ruas lainnya belum mengajukan dana talangan tersebut.Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Gazaly mengatakan keempat pemegang konsesi itu akan mengajukan usulan dana talangan pada PIP pekan ini. "Mereka akan mengajukan dana pinjaman ini ke PIP minggu depan," ujarnya pada Bisnis hari ini.Menurut dia, pengajuan dana pinjaman ini merupakan tahap pertama yang akan dilakukan oleh pemegang konsensi. Selanjutnya, diharapkan tujuh ruas lainnya yang sudah menandatangani amandemen PPJT juga segera mengajukan pinjaman atas dana talangan tersebut.Meski demikian, katanya, selain dari dana pinjaman PIP itu, dana pembebasan lahan juga akan dikucurkan dari dana BLU yang masih tersisa di Kementrian Pekerjaan Umum saat ini. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper