Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURABAYA: Volume produksi gula PT Perkebunan Nusantara X (Persero) tahun ini diperkirakan naik menjadi 500.000 ton dibandingkan 2010 hanya 410.000 ton, menyusul peningkatan rendemen tebu petani rata-rata 8% lebih.

Sementara realisasi produksi gula per 31 Mei lalu tercatat 55.260 ton melalui penggilingan tebu sebanyak 756.607 ton di 11 pabrik gula (PG). Musim giling di PTPN X dimulai pada 2 Mei lalu dan dijadwalkan berakhir awal November mendatang.

Direktur Produksi PTPN X Tarsisius Sutaryanto menyebutkan rendemen tebu petani pada awal musim giling tahun ini mencapai 8%, dan diyakini naik lagi melebihi rendemen pada 2008 sebesar 8,31%.

Hal itu, lanjut dia, ditunjang oleh iklim yang bagus, selain para petani tebu cukup responsif terhadap penerapan teknologi baru antara lain di bidang perpupukan.

Kondisi tersebut mendongkrak hasil tebangan tebu di wilayah kerja 11 pabrik gula (PG) milik PTPN X. Sehingga BUMN tersebut tahun ini meningkatkan kapasitas giling menjadi rata-rata 38.000 ton tebu per hari (TTH) dibandingkan 2010 rata-rata 35.000 TTH.

Kami optimistis dalam musim giling tahun ini mampu mencapai target produksi gula sebanyak 500.000 ton, yang merupakan kenaikan dibandingkan realisasi 2010 sebanyak 410.000 ton. Produksi per 31 Mei lalu tercapai 55.260 ton, ujarnya di sela-sela Sosialisasi Hubungan Kerja di PTPN X, hari ini.

PTPN X yang berkantor pusat di Surabayamengelola 11 PG di berbagai kabupaten di Jawa Timur. Diantaranya terdapat tiga PG berkapasitas besar yakni PG Pesantren Baru, PG Mojopanggoong dan PG Ngadirejo.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper