Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia ancam stop pasok sapi bakalan

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;mso-para-margin:0in;mso-para-margin-bottom:.0001pt;mso-pagination:widow-orphan;font-size:11.0pt;font-family:"Calibri","sans-serif";mso-ascii-font-family:Calibri;mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-fareast-theme-font:minor-fareast;mso-hansi-font-family:Calibri;mso-hansi-theme-font:minor-latin;mso-bidi-font-family:"Times New Roman";mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

JAKARTA: Australia mengancam akan menghentikan pasokan bakalan ke sejumlah rumah potong hewan di Indonesia yang bermasalah dalam tata cara pemotongannya.

Pemerintah Federal Australia diketahui menangguhkan ekspor sapi bakalan kepada sejumlah rumah potong hewan (RPH) di Indonesia menyusul tayangan televisi Australia, ABC TV, tentang cara pemotongan sapi dengan dianiaya terlebih dahulu.

Keputusan penangguhan ekspor itu juga mengacu kepada bukti yang dikumpulkan LSM Animals Australia , selain atas tayangan ABCTV bertajuk Four Corners pada Senin, 30 Mei 2011 yang menunjukkan ternak dianiaya terlebih dahulu sebelum disembelih.

Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi mengatakan Australia pada dasarnya tidak bermaksud melarang ekspor sapi bakalan ke Indonesia. "Pemahaman saya, eksportir Australia hanya menghentikan pasokan sapi kepada RPH yang bermasalah. Jadi tidak dibanned [dilarang] sama sekali," ujarnya, hari ini

Meski begitu, lanjut Bayu, Indonesia akan memperhatikan persoalan itu dan mencoba mencari solusi untuk mendapatkan titik temu antara dua kepentingan itu. Hal ini juga menjadi momentum Indonesia untuk mewujudkan swasembada daging.

Ketergantungan terhadap impor, menurut Wamentan, sangat rentan dengan gejolak dan isu di pasar global yang berpengaruh terhadap harga dan pasokan.

Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (Apfindo) mengakui tiga RPH diduga tidak akan mendapatkan pasokan ekspor sapi hidup atau bakalan dari Australia. "Benar ada tiga RPH," ujar Direktur Eksekutif Apfindo Joni Liano.

Ketiga RPH itu adalah RPH Mabar Medan, RPH Herman Lampung, dan RPH Bayur Tangerang.

Ketiganya bukanlah RPH yang paling besar di Indonesia tetapi Apfindo berjanji akan terus melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada sejumlah RPH.

"Ini agar mencapai standar animal welfare. Pemerintah juga diharapkan terus memperhatikan kesejahteraan hewan di Indonesia. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper