Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah batasi izin impor raw sugar

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable{mso-style-name:"Table Normal";mso-tstyle-rowband-size:0;mso-tstyle-colband-size:0;mso-style-noshow:yes;mso-style-priority:99;mso-style-qformat:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;mso-para-margin-top:0in;mso-para-margin-right:0in;mso-para-margin-bottom:10.0pt;mso-para-margin-left:0in;line-height:115%;mso-pagination:widow-orphan;font-size:11.0pt;font-family:"Calibri","sans-serif";mso-ascii-font-family:Calibri;mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-fareast-theme-font:minor-fareast;mso-hansi-font-family:Calibri;mso-hansi-theme-font:minor-latin;}JAKARTA: Pemerintah membatasi izin impor raw sugar atau gula mentah guna mengatasi kekurangan bahan baku pabrik gula.

Hal itu terungkap dari daftar izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan. Di mana pemerintah hanya akan memberikan izin 60%-70% dari total pengajuan impor masing-masing perusahaan.

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Gamal Nasir membenarkan kabar tersebut. Perusahaan yang mengajukan impor raw sugar dalam kategori volume besar, kata dia, maka Kemendag memberikan izin 60%. Adapun, pengajuan izin impor yang dikategorikan dalam volume kecil, lanjutnya, diberikan izin 70% dari usulan yang diajukan.

"izin impor raw sugar untuk digunakan mengisi kapasitas tidak terpasang dari beberapa pabrik gula, sehingga total izin impor yang diberikan 297.000 ton," ujarnya di Jakarta, hari ini.

Belum lama ini, pemerintah menurunkan kuota impor raw sugar untuk industri gula rafinasi menjadi sebesar 2,27 juta ton pada 2011. Jatah ini turun 4,49% dibanding 2009 yaitu 2,37 juta ton. Deddy Saleh, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan menyebutkan kuota tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan industri makanan dan minuman. (msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper