Dana nasabah perbankan yang dijamin LPS Rp142 triliun

News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Mei 2011  |  09:35 WIB

MALANG: Dana nasabah perbankan yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan sampai akhir 2010 mencapai Rp142 triliun, sedangkan dana iuran yang dihimpun lembaga tersebut dari bank-bank sampai April 2011 mencapai Rp25 triliun.

Sekretaris Lembaga Penjamin Simpanan M. Imam NHB Pinuji, mengatakan dana nasabah perbankan yang dijamin masih maksimum Rp2 miliar, sedangkan bunga penjaminan 7,25% untuk bank umum dan 10,25% untuk BPR.

Ketentuan bunga penjaminan itu yang paling baru terbut pada 15 Mei lalu, kata M. Imam NHB Pinuji di sela-sela Gerakan Indonesia Menabung di Malang, hari ini.

Penentuan bungan penjaminan tersebut, lanjut dia, dilakukan per empat bulan sekali. Dasar penetapannya, memperhatikan a.l suku bunga acuan Bank Indonesia, inflasi, dan cadangan devisa negara.

Terkait dengan praktik bank-bank yang memberikan cash back untuk menyiasati agar deposito nasabah bank tersebut tidak melebihi bunga penjaminan, menurut dia, praktik seperti akan ketahuan.

Saat bank tersebut dilikuidasi, maka LPS akan melakukan rekonsilasi dan verifikasi. Dana-dana cash back akan dihitung sebagai bagian dari bunga deposito atau tabungan.

Dengan demikian, bunga deposito yang melebihi bunga penjaminan hampir pasti akan ketahuan dan tidak dijamin oleh LPS. Masalah ini sudah jelas ketentuannya.(api)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top