Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUMD minta hak partisipasi West Madura secara langsung

JAKARTA: Pemerintah diminta secara langsung memberikan sebagian hak partisipasi dalam pengelolaan Blok West Madura Offshore kepada daerah melalui Badan Usaha Milik Daerah, tanpa harus melalui pembicaraan business to business dengan PT Pertamina (Persero)

JAKARTA: Pemerintah diminta secara langsung memberikan sebagian hak partisipasi dalam pengelolaan Blok West Madura Offshore kepada daerah melalui Badan Usaha Milik Daerah, tanpa harus melalui pembicaraan business to business dengan PT Pertamina (Persero) dan Kodeco Energy Co Ltd.

Bukhari, Direktur Utama PT Gresik Migas, BUMD milik Pemkab Gresik, mengatakan hingga kini 100% hak partisipasi Blok West Madura Offshore (WMO) seharusnya masih dimiliki dan dikuasai oleh Pemerintah RI.

Menurut dia, kesepakatan yang ditandatangani pada 5 Mei 2011, hanya penunjukan Pertamina sebagai operator dan Kodeco sebagai kontraktor dalam kontrak bagi hasil (production sharing contract/PSC) kerja sama pengelolaan blok migas itu sejak 7 Mei 2011.

"Secara definitif, kontrak baru itu tidak menetapkan besaran kepemilikan hak partisipasi masing-masing kontraktor, sehingga sepenuhnya masih dikuasai negara. Makanya, kami [pemda] meminta kepada pemerintah pusat, secara langsung dengan skema g to g memberikan hak partisipati itu," kata dia kepada Bisnis, sore ini.

Dia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui BUMD, PT Petrogas Bangkalan dan Pemkab Gresik melalui BUMD, PT Gresik Migas sudah berkomitmen untuk bekerja sama memiliki 50% hak partisipasi di Blok West Madura. Bupati Bangkalan dan Bupati Gresik, imbuh dia, juga sudah menyampaikan surat resmi keinginan kepemilikan saham tersebut kepada Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh.

Menurut dia, kedua BUMD berencana membentuk perusahaan gabungan, yakni PT Gerbang Oil and Gas Jatim WMO sebagai kontraktor blok migas tersebut. Sebagaimana halnya dengan misi Pertamina sebagai BUMN, kata dia, BUMD tentunya juga memiliki misi yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat daerah sekitar, dengan keterlibatan pengelolaan blok migas itu. (aph)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper