Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panitia raup Rp81 miliar dari pendaftaran calon mahasiswa

JAKARTA: Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN) memperoleh Rp81 milliar dari uang pendaftaran calon mahasiswa. Jumlah ini naik dari tahun lalu yang hanya Rp71 miliar."Data pembayaran biaya SNMPTN sebanyak 551.117 pembeli digunakan

JAKARTA: Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN) memperoleh Rp81 milliar dari uang pendaftaran calon mahasiswa. Jumlah ini naik dari tahun lalu yang hanya Rp71 miliar."Data pembayaran biaya SNMPTN sebanyak 551.117 pembeli digunakan untuk mendaftar 540.928 calon mahasiwa baru. Sementara kursi yang tersedia 110.149 orang," kata Djoko Santoso, Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional hari ini. Berbicara didampingi Ketua SNMPTN Herry Suhardiyanto, Ketua Majelis Rektor PTN Musliar Kasim, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab, dan Pembantu Rektor I Institut Pertanian Bogor (IPB) Yonny Koesmaryono, Djoko mengatakan berdasarkan kelompok ujian, jumlah peserta SNMPTN kelompok IPA 179.297 orang. Pada kelompok ujian IPS ada 196.404 peserta, dan 165.099 peserta mengikuti ujian kelompok IPC.Ujian tulis SNMPTN digelar serentak pada 31 Mei dan 1 Juni 2011 sementara ujian praktik pada 3 dan 4 Juni 2011. "Mereka yang mengikuti Ujian Tulis dan ujian ketrampilan sesuai dengan persyaratan program studinya."Untuk program studi olahraga pesertanya sebanyak 18.749 orang, seni rupa /desain 3672 orang, sendratari 1412 ,tari sebanyak 245,musik 1.099 orang. Total pendaftar 25.177 orang.Pengumuman penerimaan mahasiswa baru dilakukan pada 30 Juni 2011 jam 00.00 kerja sama dengan beberapa media dan juga dapat dilihat di website.Ketua Panitia SNMPTN yang juga Rektor IPB Hery Suhardiyanto mengharapkan masyarakat untuk tidak percaya iming-iming dari sejumlah pihak yang menawarkan janji berbagai macam hal, baik membayar ataupun gratis untuk diterima di PTN."Jika siswa itu benar-benar pintar dan mampu mengerjakan otomatis akan diterima di PTN yang diharapkan" tegasnya.Pada tahun ini pelaksanaan utul SNMPTN kendalanya belum ada, hanya kepada para peserta tuna netra diberlakukan khusus dengan soal diibacakan pendamping dari panitia yang sudah di bawah sumpah.Menurut Rektor UNY Rochmat Wahab yang juga bendahara SNMPTN, dana yang terkumpul meningkat karena jumlah peserta juga naik. Untuk tahun ini, misalnya UNY menerima sekitar 6.000 an mahasiswa baru.

"Sebanyak 1.200 melalui jalur undangan,60 persen jalur SNMPTN dan sisanya jalur mandiri" jelas Rochmat (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper