Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: PT Garuda Indonesia akan menambah hub dengan menjadikan bandara Hassanuddin Makassar sebagai lokasi ketiga setelah sebelumnya di Jakarta dan Denpasar menjadi pusat pengoperasian armada dan kru.

Mulai 1 Juni 2011, Garuda akan menambah hub dengan memilih Bandara Sultan Hassanuddin Makassar (Ujungpandang) sebagai lokasi ketiga. Selama ini hub dari perseroan ada di Bandar SoekarnoHatta Jakarta dan Ngurah Rai Denpasar, ungkap Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan hari ini. Penambahan hub ini karena perseroan ingin mengembangkan kapasitas dan frekuensi di Indonesia Timur, serta mendukung pengembangan Koridor IV ekonomi yang dicanangkan oleh pemerintah. Dengan jumlah penerbangan dari dan ke Ujungpandang, maka akan lebih efisien kalau ada hub di situ, jelasnya. Untuk tahap awal perseroan akan menempatkan 2 pesawat Boeing 737-500 di Makassar dengan target utilisasi pesawat 12 jam untuk masing-masing pesawat.

Ini sebagai tambahan dari semua penerbangan yang sudah ada selama ini ke Ujungpandang, jelasnya.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengakui pemerintah mendorong Garuda untuk membuat home base di Makassar untuk menghidupkan penerbangan di Indonesia timur.

Garuda diharapkan menambah rute-rute di Makassar, termasuk internasional, jelasnya.

Garuda akan melayani penerbangan internasional perdana MakassarSingapura pergi pulang secara langsung mulai 1 Juni 2011. Garuda akan melayani rute tersebut setiap hari selama sepekan dengan mempergunakan armada Boeing 737-500 berkapasitas 150 penumpang. Sebelumnya, Garuda sudah memiliki rute penerbangan MakassarDenpasarAustralia. Di kawasan timur Indonesia, Garuda melayani rute penerbangan Ternate, Menado, Gorontalo, Ambon, Kendari, Palu, Poso, Papua, dan lainnya. Garuda menjadi maskapai penerbangan kedua setelah maskapai AirAsia yang melayani rute penerbangan internasional, MakassarKuala Lumpur, tiga kali sepekan sejak 2010 lalu.

Bahkan, tahun ini, AirAsia sudah berencana membuka rute penerbangan langsung dari Makassar ke empat negara di Asia yakni MakassarSingapura, MakassarHong Kong, MakassarManila (Filipina), dan MakassarBrunei Darussalam. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper