Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deflasi diprediksi berlanjut pada Mei

JAKARTA: Bank Indonesia memproyeksi deflasi masih terus berlanjut sepanjang bulan ini berkat pelemahan tekanan harga kelompok volatile foods. Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan selama Mei deflasi masih terus berlanjut meskipun tidak sebesar

JAKARTA: Bank Indonesia memproyeksi deflasi masih terus berlanjut sepanjang bulan ini berkat pelemahan tekanan harga kelompok volatile foods. Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan selama Mei deflasi masih terus berlanjut meskipun tidak sebesar bulan sebelumnya. Pada Mei mungkin deflasi kurang dari 0,1%, ujarnya hari ini. Gubernur BI mengatakan apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang diwarnai inflasi 0,29%, inflasi tahunan hingga akhir Mei tahun ini diperkirakan dibawah 6%. Karena inflasinya rendah dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, secara year-on-year sekitar 5,8% hingga 5,9%, kata Darmin. Dia menjelaskan deflasi dipengaruhi oleh rendahnya tekanan kenaikan harga pada kelompok bahan makanan yang harganya sangat berfluktuasi (volatile foods). Selain itu, lanjutnya, tekanan dari kelompok inflasi inti juga sedikit mengecil. Inflasi inti (core inflation merupakan inflasi yang dianggap mampu dikendalikan melalui kebijakan moneter.Jadi tekanan inflasi tahun ini masih terjadi. Tetapi kalau diluar administered price kelihatannya tekanan inflasi tidak terlalu berat, jelasnya. Administered price digunakan untuk mengelompokkan sejumlah barang yang harganya banyak ditentukan pemerintah seperti tarif listrik dan harga BBM.Adapun volatile foods di antaranya beras, cabe, dan hasil-hasil pertanian lainnya.(luz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper