Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cadangan devisa tembus US$116,5 miliar

JAKARTA: Bank Indonesia menyatakan cadangan devisa Indonesia menembus US$116,5 miliar pada 20 Mei."Cadangan devisa per 20 Mei itu sebesar US$116,5 miliar," kata Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution saat ditemui hari ini.Dengan posisi tersebut, cadangan

JAKARTA: Bank Indonesia menyatakan cadangan devisa Indonesia menembus US$116,5 miliar pada 20 Mei."Cadangan devisa per 20 Mei itu sebesar US$116,5 miliar," kata Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution saat ditemui hari ini.Dengan posisi tersebut, cadangan devisa selama 20 hari pertama Mei 2011 telah bertambah US$2,7 miliar atau naik 2,37% dibandingkan dengan US$113,8 miliar per akhir April 2011.Sebelumnya, Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A. Djohansyah mengatakan peningkatan cadangan devisa salah satunya bersumber dari surplus neraca pembayaran Indonesia yang pada kuartal I/2011 tercatat US$ 7,7 miliar.Deputi Gubernur BI Hartadi A. Sarwono mengatakan penyumbang cadangan devisa terbesar adalah penerimaan negara dari perdagangan minyak dan gas bumi. Selain itu peningkatan cadangan devisa juga didukung oleh derasnya aliran masuk modal asing ke dalam negeri. Difi mengatakan cadangan devisa Indonesia saat ini mencukupi untuk menghindari dampak negatif pembalikan modal asing secara besar (sudden reversal). "Kami menyatakan tidak usah khawatir terjadinya sudden reversal karena cadangan devisa Indonesia bisa mengantisipasi itu," jelasnya.(yes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Errol Poluan
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper