Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLTA Peusangan di Aceh ditargetkan beroperasi 2015

JAKARTA: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menargetkan pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Peusangan unit 1 dan 2 di Takengon, Aceh dengan total kapasitas 88 MW dapat beroperasi pada kuartal IV/2015. Manajer Komunikasi Korporat PLN

JAKARTA: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menargetkan pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Peusangan unit 1 dan 2 di Takengon, Aceh dengan total kapasitas 88 MW dapat beroperasi pada kuartal IV/2015. Manajer Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan peresmian pembangunan proyek PLTA yang akan meningkatkan keandalan pasokan di wilayah Sumatera Utara dan Aceh melalui sistem 150 kV tersebut dilakukan bersamaan dengan peluncuran Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. Selain proyek PLTA tersebut, lanjut dia, juga ada proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berlokasi di Pulau Miangas, Sulut dan Pulau Sebatik, Kaltim yang juga diresmikan, hari ini. "Proyek PLTA dan PLTS itu masuk dalam MP3EI 2011-2025 yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kedua jenis proyek kelistrikan itu akan mengurangi penggunaan BBM PLN," kata dia, hari ini. Dia menjelaskan proyek pembangkit listrik tenaga air yang akan dibangun di Takengon itu terbagi dalam 2 unit, yakni PLTA Peusangan 1 berkapasitas 2x22,5 MW dan Peusangan 2 2x21,5 MW. Kedua proyek tersebut, lanjut dia, pekerjaan sipilnya ditandatangani pada 18 Maret 2011 dan akan dikerjakan selama 94 bulan dengan jadwal operasi pada kuartal IV/2015. Menurut dia, sebagian besar pendanaan proyek yang diperkirakan mencapai sekitar Rp2,96 triliun itu berasal dari pinjaman Japan International Cooperation Agency (JICA) senilai Rp2,6 triliun. Dia mengungkapkan studi untuk proyek PLTA yang mampu membangkitkan energi hingga 323,2 Gwh per tahun itu sudah dilakukan sejak 1970. (gak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper