Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harita ajukan izin smelter bauksit

JAKARTA : Harita, sebuah perusahaan tambang lokal saat ini sedang mengajukan permohonan izin pembangunan smelter baru yang mengubah bauksit menjadi aluminium di wilayah Kalimantan Barat. Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Thamrin Sihite mengatakan

JAKARTA : Harita, sebuah perusahaan tambang lokal saat ini sedang mengajukan permohonan izin pembangunan smelter baru yang mengubah bauksit menjadi aluminium di wilayah Kalimantan Barat. Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Thamrin Sihite mengatakan tahun ini secara umum pihaknya sudah menerima pengajuan izin pembangunan beberapa jenis smelter, termasuk diantaranya smelter aluminium baru oleh Harita tersebut.

Di kami sudah ada yang mengajukan permohonan izin, misalkan Harita untuk alumunium, ada beberapa sebenarnya, saya ngga hafal, ujarnya di sela-sela rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR hari ini. Thamrin mengatakan kapasitas smelternya sendiri bisa mencapai 1 juta ton per tahun. Artinya, kapasitasnya cukup besar karena cadangan bauksit di Kalimantan Barat sendiri memang cukup besar. Tahun ini diharapkan smelter sudah mulai dibangun dan bisa beroperasi mulai 2012. Namun sayang Thamrin enggan menyebut nilai investasinya. Kalbar itu punya potensi bauksit cukup besar. Dia (Harita) juga punya tambang disana, jadi (pasokannya) dari tambang dia sendiri. Investasinya cukup besar sekali, lupa saya.

Menurut dia, pemerintah terus mendorong pengajuan pembangunan smelter baru. Karena dengan demikian, pengupayaan nilai tambah dari sumber daya mineral sesuai amanat UU No.4/2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara juga bisa terus ditingkatkan.

Jadi yang disebut nilai tambah di UU No.4/2009 itu kami sangat optimis [bisa dicapai]. Itu mudah-mudahan bisa meningkatkan nilai tambah kita, ujarnya.(aph)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper