Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANDUNG: Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta Kementerian Pekerjaan Umum mempercepat realisasi pembangunan jalan tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang (120 km) mengingat kebutuhan jalan tol pada kawasan itu yang sudah sangat mendesak.

Pembangunan jalan tol tersebut untuk mengatasi kemacetan lalu lintas sekaligus untuk mendorong pertumbuhan perekonomian pada koridor tersebut.Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar Deny Juanda Puradimaja mengemukakan pengerjaan proyek tol itu sedang memasuki tahapan penyusunan studi kelayakan ulang oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).Tentunya, kami berharap proyek itu bisa direalisasikan, katanya hari ini.Dia menuturkan sebetulnya sudah ada pemenang tender proyek tol untuk ruas Ciranjang-Padalarang (bagian dari ruas Sukabumi-Ciranjang-Padalarang). Akan tetapi, belakangan perusahaan tersebut mundur karena kesulitan likuiditas. Kira-kira lima atau enam tahun lalu sudah ada pemenangnya, tetapi mundur karena kekurangan modal, ujarnya.Di sisi lain, Pemprov Jabar juga sedang mendesain rencana ruas tol Cileunyi-Ciamis yang akan menjadi salah satu penghubung utama infrastruktur Bandung menuju Jabar bagian selatan.Deny mengemukakan proyek tersebut memang merupakan inisiatif rencana proyek dari Pemprov Jabar.Menurut dia, dan pengerjaan desain tol dilakukan oleh BUMD Jabar, PT Jasa Sarana dan sudah berjalan sejak setahun lalu.Desainnya meliputi panjang ruas tol, kebutuhan lahan, kebutuhan biaya, dan rencana pengembangan. (ln)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper