Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Pengerukan alur pelayaran di dua pelabuhan internasional di pulau Sumatra perlu segera diselesaikan setelah kapal-kapal mother vessel tidak bisa sandar akibat pendangkalan yang semakin parah.

Kedua pelabuhan itu adalah Pelabuhan Belawan di Medan, Provinsi Sumatra Utara dan Pelabuhan Pulau Baai di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Di Belawan, tahun ini sudah dua operator mother vessel yang hengkang.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Indonesian National Shipowners Association (INSA) Hendra W. Kesuma mengatakan kedua kapal itu berasal dari Taiwan karena kapal mereka tidak bisa sandar di Belawan.

Akibatnya, kegiatan ekspor produk andalan nasional tidak bisa langsung menuju tujuan ekspor terutama China karena tidak ada kapal mother vessel yang melayani Belawan. Ekspor terpaksa melalui Singapura, tegasnya.

Sementara itu, di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu, operator yang sebelumnya memegang kontrak pengerjaan pengerukan sudah berhenti mengerjakan kegiatan tersebut.

Padahal, berdasarkan catatan Bisnis, sebanyak 156 kapal berbagai ukuran pernah kandas di alur pelayaran pintu masuk Pelabuhan Pulau Baai, Provinsi Bengkulu selama periode Januari-Oktober 2010.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia Cabang Bengkulu Indra Hidayat Sani mengatakan hampir tiap hari selalu ada kapal yang kandar, terutama kapal-kapal bermuatan lebih dari 1.000 dead weight tonnage (DWT).

Menurut dia pendangkalan alur di pintu masuk Pelabuhan Pulau Baai semakin mengkhawatirkan karena belum ada penanganan secara optimal untuk mengeruk alur itu. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper