Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laju ekspor tahun depan diprediksi lebih rendah

JAKARTA: Kementerian PPN/Bappenas memperkirakan laju pertumbuhan ekspor pada tahun depan akan lebih rendah dibandingkan dengan tahun ini yang menembus level 15%.Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana mengatakan meski lebih rendah dari

JAKARTA: Kementerian PPN/Bappenas memperkirakan laju pertumbuhan ekspor pada tahun depan akan lebih rendah dibandingkan dengan tahun ini yang menembus level 15%.Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana mengatakan meski lebih rendah dari kinerja 2010 akibat dinamika perekonomian global, kinerja ekspor pada tahun depan akan tetap tumbuh di level 8,2%. "Ekspor diperkirakan akan lebih rendah, tapi tetap tumbuh dengan cukup signifikan tapi dibanding tahun ini ratenya agak rendah karena memperkirakan dinamika ekonomi global," katanya saat menyampaikan refleksi 2010 dan langkah-langkah menghadapi rencana pembangunan 2011 di kantornya hari ini.Dalam kondisi dinamika ekonomi global yang masih menunjukkan perlambatan di negara-negara maju, menurutnya, pemerintah harus melakukan diversifikasi pasar ekspor.Menurut dia, diversifikasi ini khususnya terhadap negara-negara emerging market seperti China, Brazil, dan India. "Pasar domestik mereka besar dan ini jadi peluang untuk terus dikembangkan," jelasnya. Selain ekspor, Bappenas juga memperkirakan kinerja impor barang dan jasa akan menurun dari capaian saat ini sebesar 17% menjadi 9,5%.(mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper