KNKT: Faktor manusia penyebab utama kecelakaan

Febriany Dian Aritya Putri
Febriany Dian Aritya Putri - Bisnis.com 28 Desember 2010  |  06:36 WIB

JAKARTA: Faktor manusia merupakan penyebab terbesar kecelakaan transportasi di moda jalan, udara, dan laut, sepanjang 2007-2010.

Data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan kecelakaan di moda jalan penyebab terbesar adalah faktor manusia yakni 67%, lalu moda udara 52%, moda laut 45%, dan kereta api 18%.

Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan faktor manusia itu merupakan satu kesatuan sistem yang ada pada operator.

Fakto manusia itu bukan hanya nakhoda, pilot, sopir, atau masinis. Tetapi, sistemik. Seperti apakah ada pendidikan yang diberikan terhadap SDM, lalu cukupnya waktu istirahat, dan penyelesaian tugas sesuai standar yang berlaku, jelasnya dalam konpers akhir tahun KNKT, siang ini.

Dia menuturkan faktor manusia menjadi penyebab terbesar kecelakaan sebagai dampak dari kekurangan SDM, seperti yang terjadi di sektor penerbangan dan pelayaran.

Pada tahun ini, KNKT melaksanakan investigasi untuk seluruh moda sebanyak 36 kali, yang terdiri dari moda udara 18 kali, kereta api 10 kali, moda laut 5 kali, dan moda jalan 3 kali.

Dari yang diinvestigasi itu, jumlah korban meninggal sebanyak 90 orang. Jumlah luka-luka 216 orang, paparnya.

Investigasi yang dilakukan KNKT itu mengasilkan 103 rekomendasi yang ditujukan kepada sejumlah pihak, namun Tatang mengatakan kemungkinan saran tersebut hanya dipenuhi sebanyak 40%. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top