Pertamina menang tender BBM dan pelumas Rp6 triliun

Tiara Syahra Syabani
Tiara Syahra Syabani - Bisnis.com 27 Desember 2010  |  03:55 WIB

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) memenangkan tender terbuka untuk memasok bahan bakar minyak (BBM) dan pelumas senilai Rp 6 triliun per tahun ke PT Pamapersada Nusantara Group, anak usaha PT United Tractors Tbk.

VP Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengatakan BBM dan pelumas tersebut akan digunakan untuk operasional kendaraan berat pengangkut batu bara Pamapersada. Kesepakatan ini merupakan perpanjangan kerja sama antara pihaknya dengan Pamapersada. Pasalnya, Pertamina sebelumnya sudah dipercaya untuk memasok BBM dan pelumas ke Pamapersada. Kini Pamapersada dan Pertamina sepakat untuk memperpanjang kerjasama tersebut hingga 31 Januari 2012.

"Dalam perjanjian ini, Pertamina akan memenuhi kebutuhan BBM dan pelumas sebagai bahan dasar utama operasi penambangan dengan rata-rata kebutuhan 552.000 kiloliter per tahun," ujar Harun, hari ini.

Harun menjelaskan layanan yang diberikan pihaknya ke Pamapersada dalam kerja sama ini terbilang komplit. Mulai dari layanan after sales service dan technical support, pengisian menggunakan surveyor independen, hingga penyelesaian masalah serta penggantian losses BBM. Ditambah lagi dukungan jaringan distribusi yang kuat dengan alternatif pola suplai untuk menjamin pasokan.

Adapun rencana pelayanan tambahan dalam waktu dekat, kata dia, yakni tersedianya VHS (Vendor Held Stock) dan sistem penyerahan BBM konsinyasi untuk site-site utama Pamapersada.

Sepanjang tahun ini, Pertamina sudah memenangkan beberapa tender pasokan BBM dan pelumas antara lain, pada Januari 2010, BUMN migas ini memenangkan tender pasokan BBM untuk PT Newmont setelah menyisihkan dua kompetitor yaitu Shell dan Aneka Kimia Raya (AKR).

Selain Newmont, Pertamina selama ini juga sudah menjadi pemasok BBM untuk sejumlah perusahaan tambang berskala besar. Untuk tambang batubara, Pertamina mensuplai BBM diantaranya ke KPC, Arutmin, Kideco, Banpu, Berau, Adaro, Asmin Coalindo Tuhup, dan PT Tambang Bukit Asam Tbk.

Untuk perusahaan mineral, Pertamina mensuplai BBM ke Newmont, Nusa Halmahera Minerals, PT Aneka Tambang Tbk, dan INCO.

Khusus dibisnis pelumas, Pertamina sudah memenangkan tender pasokan pelumas untuk mesin-mesin pembangkit PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) senilai Rp176 miliar dengan total volume 9.338 kl setahun.

Produk-produk ini akan dipasok ke wilayah Indonesia bagian barat yang meliputi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, NTB, NTT, dan Kalimantan Barat dengan total volume 4.025 kl senilai Rp70,8 milliar. Untuk wilayah Indonesia Timur akan dipasok ke wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua dengan total volume 5.313 kl selama setahun senilai Rp105,9 Milliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top