Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Universitas Indonesia melengkapi kampusnya dengan fasilitas baru berupa Gedung Laboratorium Sains dan Multi Disiplin.

Gedung tersebut dibangun di atas areal seluas 1 hektare, dengan luas total bangunan mencapai 4.000 meter persegi, dan diharapkan selesai seluruhnya pada 2014.Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, menuturkan sebagai World Class Research University, UI bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) mengembangkan infrastruktur kampus kelas dunia."Salah satunya dengan pembangunan Gedung Laboratorium Sains dan Multi Disiplin," ujarnya dalam rilis UI hari ini.Menurut Vishnu, peletakan batu pertama pembangunan Gedung Laboratorium Sains dan Multi Disiplin UI-Pertamina tersebut dilakukan akhir pekan lalu oleh Wakil Mendiknas Prof. Fasli Jalal, bersama Rektor UI Prof. Gumilar Rusliwa Somantri, dan Dirut PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan di Fak. MIPA UI, Depok."Pembangunan gedung laboratorium ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi para civitas akademika UI, dalam menghasilkan riset-riset berkualitas dan memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa," ujar Rektor UI.Gumilar menyebutkan pembangunan laboratorium tersebut akan dilakukan dalam beberapa tahap. Pembangunan tahap I pada 2010-2011 dengan menggunakan dana CSR (community social responsibility) PT Pertamina (Persero), yang terdiri dari pembangunan pondasi untuk lima lantai, serta gedung lantai dasar.Untuk tahap II, katanya, akan dilaksanakan pada 2012 dengan luas lahan 1.600 m2, dan tahap III pada 2013 dengan luas 1.600 m2.Luas lahan keseluruhan dari Gedung Laboratorium Sains dan Multi Disiplin UI-Pertamina ini, tambah Vishnu, mencapai 1 hektare dengan luas total gedung 4.000 m2.Selain pembangunan gedung laboratorium, katanya, UI juga tengah membangun perpustakaan, gedung sekolah seni dan perancangan lingkungan, gedung vokasi, serta gedung Fak. Ilmu Komputer."Berbagai pengembangan infrastruktur kampus menggunakan konsep green sustainable development. Ini merupakan bagian dari visi UI dalam mengembangkan pendidikan tinggi berbasis riset terdepan di Indonesia dan Asia, menuju World Class Research University," kata Vishnu.(er)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper