Pertumbuhan department store bisa double digit

JAKARTA: Pengusaha ritel optimistis pertumbuhan department store bisa mencapai double digit, meski persaingan diprediksi ketat karena ada indikasi munculnya pemain baru.
M. Munir Haikal
M. Munir Haikal - Bisnis.com 27 Desember 2010  |  05:35 WIB

JAKARTA: Pengusaha ritel optimistis pertumbuhan department store bisa mencapai double digit, meski persaingan diprediksi ketat karena ada indikasi munculnya pemain baru.

Presiden Direktur Metro Departement Store Christine Barkie menilai tahun depan bakal penuh tantangan bagi bisnis department store. Selain persaingan dengan yang sudah ada, pemain baru dari mancanegara pun diprediksi masuk ke Indonesia. Kendati demikian, dia optimistis pertumbuhan akan lebih pesat dibandingkan dengan tahun ini.

Metro boleh dibilang tahun ini flat, tahun depan, persaingan lebih ketat, tetapi juga lebih baik dibandingkan dengan tahun ini. Minimal saya harapkan pertumbuhan mencapai 10%. Tahun depan kami berencana membuka satu gerai di Gandaria City, Jakarta Barat, pada kuartal pertama, tutur Christine saat dihubungi Bisnis pekan lalu.

Meski mengakui kemunculan pemain baru akan menakutkan sehingga mempengaruhi penjualan di department store yang telah ada, tetapi Christine yakin department store yang ada tetap bertahan karena memiliki segmennya masing-masing.

Pengaruh pasti ada, misalnya H & M atau Uniqlo mau masuk, mereka punya segmennya sendiri. Apalagi mereka lebih seperti butik ya, targetnya berbeda dengan department store. Jadi semua punya target masing-masing, ujar Christine.

Sementara itu, Mitra Adiperkasa (Map), pemilik lisensi beberapa department store seperti Sogo, Seibu, Debenhams, dan Java/Lotus memprediksi pertumbuhan department store miliknya tidak akan jauh berbeda dengan beberapa tahun belakangan, sekitar 15%.

Overall untuk semua lini, kami menargetkan growth 15%-18%. Kalau department store sendiri, dalam projection buka satu department store per tahun. Pertumbuhannya hampir sama dengan total pertumbuhan. Kalau dilihat historically, selama ini sekitar 15% pertumbuhan department store tiap tahunnya, tutur Fetty Kwartati, Corporate Secretary Map.

Fetty menjelaskan target tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan tahun ini karena g erai-gerai yang telah ada dianggap telah established seiring berjalannya waktu, juga ditunjang oleh supply yang mencukupi. Selain itu, dia merasa tidak ada hambatan berarti yang dapat menghalangi pertumbuhan tersebut

Selain itu, Centro Departement Store dan Matahari Departement Store yang bermain di segmen yang berbeda dengan Metro dan beberapa Department Store milik Map, berencana membuka gerai baru yang lebih masif. Centro berencana membuka dua gerai baru, Matahari optimistis dapat membuka tujuh gerai terbaru pada 2011.

Nila Adisepoetro, Media and Partner Relations Manager Centro, menjelaskan pada kuartal III/ 2011, Centro berencana membuka satu gerai baru di Galaxy Mall, Surabaya dan satu gerai lainnya di Summarecon Mall Serpong, Banten. Namun, Nila enggan menjelaskan lebih detil mengenai rencana gerai baru tersebut.

Dia juga menjelaskan di tahun depan persaingan akan lebih sengit, tak hanya karena pemain yang telah ada, tetapi juga karena adanya indikasi pemain luar yang akan masuk ke Indonesia.(yn)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top