Transjakarta layani rute wisata

JAKARTA: Selama liburan Natal dan Tahun Baru, moda transportasi Transjakarta melayani rute wisata berupa rute langsung Blok M - Ancol dan Ragunan - Ancol pada 24-26 Desember dan 1-2 Januari 2011 untuk mengatasi peningkatan jumlah penumpang di halte-halte
News Editor
News Editor - Bisnis.com 26 Desember 2010  |  07:40 WIB

JAKARTA: Selama liburan Natal dan Tahun Baru, moda transportasi Transjakarta melayani rute wisata berupa rute langsung Blok M - Ancol dan Ragunan - Ancol pada 24-26 Desember dan 1-2 Januari 2011 untuk mengatasi peningkatan jumlah penumpang di halte-halte transit.

Menurut Staf Hubungan Masyarakat Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta Busway Prasetia Budi, setiap akhir tahun selalu terjadi penumpukan penumpang di halte-halte transit, seperti halte Dukuh Atas, Harmoni, dan Matraman.

"Mengantisipasi hal tersebut, maka kami mengalihkan beberapa armada di rute-rute yang sepi ketika liburan, ke rute wisata tadi," tuturnya pada Bisnis siang ini.

Prasetia mengatakan pihaknya telah menyiapkan 13 unit armada untuk rute Blok M - Ancol pp dan 18 unit armada untuk rute Ragunan - Ancol PP.

Menurut dia, seluruh armada tersebut merupakan alihan dari rute-rute yang sepi ketika liburan, sehingga jumlah armada di rute-rute tersebut dikurangi.

Prasetia menyatakan pengadaan rute wisata tersebut dilakukan Transjakarta bukan untuk meraup penambahan omset dan volume penumpang, melainkan sebagai peningkatan pelayanan penumpang pada liburan akhir tahun.

Namun, dia tidak menampik adanya peningkatan omset pada akhir tahun karena otomatis kapasitas angkutan di rute-rute sibuk bertambah.

"Untuk 1 bus single, kapasitas penumpang sekitar 85 orang, 30 duduk dan 55 berdiri. Untuk bus gandeng kapasitas sekitar 160 orang, 43 duduk dan 117 berdiri," jelasnya.

Untuk rute Blok M - Ancol, akan singgah di halte-halte dari Blok M sampai Monas, lalu ke perempatan Harmoni untuk melayani halte-halte Pecenongan, Juanda, Jembatan Merah, Gunung Sahari, Pademangan, dan Ancol.

Sementara untuk rute Ragunan - Ancol, halte-halte yang dilalui adalah sepanjang koridor 6 sampai perempatan Halimun dan dilanjutkan memasuki koridor 4 sampai perempatan Matraman.

Bus kemudian masuk jalur koridor 5 sampai Ancol, melintas di fly over Senen. Kedua rute wisata tersebut beroperasi mulai pukul 06.00-21.00 WIB. (mmh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Intan Permatasari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top