Mustafa puas terhadap privatisasi BUMN

JAKARTA: Kementerian BUMN menyatakan puas atas pelaksanaan privatisasi perusahaan milik pemerintah sepanjang 2010.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 26 Desember 2010  |  05:34 WIB

JAKARTA: Kementerian BUMN menyatakan puas atas pelaksanaan privatisasi perusahaan milik pemerintah sepanjang 2010.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar menyatakan kepuasan itu didasarkan pada performa saham perusahaan milik pemerintah yang diprivatisasi pada 2010 maupun pada penghujung 2009.

Namun, kami akan terus memperbaiki pola privatisasi, dengan menilik pelaksanaan pelepasan kepemilikan ke publik selama 2010. Sehingga ke depan pelaksanaan privatisasi bisa lebih baik lagi, ujarnya akhir pekan lalu.

Sepanjang 2010, terdapat dua BUMN yang diprivatisasi, yaitu PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbkdiprivatisasi di penghujung 2009. Saham perdana BTN saat itu dilepas di level Rp800 per saham, dan hingga pekan terakhir 2010 naik sebesar 97,5% di posisi Rp1.580 per saham.

Harga saham PT PP sejak awal listing hingga bulan ini 78,5%, dan saham Krakatau Steel sempat naik hingga di level 70% sejak go public pada 10 November lalu.

Namun, Analis PT Universal Broker Indonesia Satrio Utomo menyatakan harga privatisasi BUMN terlalu murah, terutama saham Krakatau.

Menurut dia, pemerintah harus berani mengganti pihak-pihak yang selama ini melaksanakan privatisasi BUMN agar dana yang diraih bisa lebih maksimal.(mmh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Intan Permatasari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top