Badai salju Eropa tak hambat wisatawan Indonesia

JAKARTA: Dampak badai salju yang melanda beberapa negara di Eropa ternyata tidak memengaruhi minat wisatawan Indonesia berwisata akhir tahun ke kawasan itu. Sejumlah biro perjalanan wisata di Jakarta memastikan tidak ada pembatalan dari peserta tour.
Ria Indhryani
Ria Indhryani - Bisnis.com 22 Desember 2010  |  13:06 WIB

JAKARTA: Dampak badai salju yang melanda beberapa negara di Eropa ternyata tidak memengaruhi minat wisatawan Indonesia berwisata akhir tahun ke kawasan itu. Sejumlah biro perjalanan wisata di Jakarta memastikan tidak ada pembatalan dari peserta tour.

Sejauh ini di Bayu Buana Tour belum ada permintaan pembatalan untuk tujuan wisata ke Eropa dan semua jadwal masih berjalan normal,kata Nurdin Supena, Senior Eksekutif Penjualan Tour PT Bayu Buana Tbk.Menurut dia, meski ada badai salju dan cuaca tidak bersahabat, belum ada calon peserta tour yang mengalihkan liburannya, seperti ke Bali, misalnya. Untuk paket Eropa khusus di akhir tahun ini ada 15 group yang berangkat.Total jumlah peserta yang akan berangkat minggu depan 356 orang termasuk paket ke Turki, Italia dan Yunani, paket Mesir dan Turki serta Dubai. Untuk wisata Eropa ini lamanya ada yang 10 hari dan ada yang 12 hari, jelas Nurdin.Hal yang sama diungkapkan oleh Edhi, Manager Golden Rama Tours, yang memberangkatkan wisatawan ke Eropa tanpa ada pembatalan atau pengalihan destinasi ke tempat lain mengingat akhir tahun akan sulit melakukan perubahan destinasi secara mendadak.Di travel kami tidak ada pembatalan bahkan sebagian sudah berangkat. Untuk paket Eropa kami punya 10 jenis pilihan dengan lama perjalanan 12-15 hari baik Eropa Timur, Eropa Barat, ada yg khusus swiss untuk main ski, ke Perancis termasuk Lourdes dan lainnya, kata Edhi.Meity Monica Lukito, Direktur Panorama Tours, menegaskan badai salju tidak menggagalkan minat peserta tour untuk berangkat ke Eropa. Setiap akhir tahun paket-paket wisata ke tempat-tempat yang bersalju di Eropa tetap menjadi favorit termasuk tempat bersalju di Jepang dan Korea.Biro perjalanan wisata yang dikenal dengan paket Jahe atau Jalan-jalan Hemat internasional ini mentargetkan semenjadi favorit dikitnya bisa menjual 4.000 paket tour pada akhir tahun. Paket Mediterania dan Eropa Barat memberikan pengalaman seru bagi keluarga Indonesia maupun perorangan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2011 di luar negeri.Umumnya peserta tour memilih berangkat pada 27-29 Desember 2010 agar bisa merayakan Tahun Baru di luar negeri. "Untuk mendapatkan pengalaman baru kami menyiapkan paket musim dingin yang beragam baik di Asia, Eropa bahkan di Amerika Serikat dan Kanada dengan harga US$400 hingga US$5.000 dan lama perjalanan 17-19hari untuk longhaul, tuturnya.Widha Chaidir, calon peserta tour dari Bayu Buana Tour, mengatakan cuaca yang ekstrim tidak membuat dirinya surut dan membatalkan keberangkatan ke Turki. Kami berangkat pada hari Natal dan rencana pulang pada 3 Januari 2011. Rencananya kami ingin bermalam Tahun Baru di Istanbul, kata guru di sekolah internasional ini.Selain telah direncanakan sejak lama bersama dua orang rekan kerjanya, paket tour selama 10 hari ini harganya juga terjangkau berkisar US$ 1800 an per orang sudah termasuk tour,makan dan akomodasi hotel bintang empat.Pihak travel tentunya yang lebih tahu informasi dan kondisi di Eropa yang terkini.Jadi kalau mereka juga tidakmeminta kamimembatalkan keberangkatan rencana jalan terus dan insyallah lancar, ucapnya optimistis. (mfm)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top