Maskapai tambah 39.448 kursi

JAKARTA: Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah menerbitkan izin penerbangan tambahan bagi sembilan maskapai nasional dan asing, dengan total kapasitas penumpang mencapai 39.448 orang.Kapasitas tersebut melebihi penerbangan tambahan yang
News Editor | 21 Desember 2010 23:11 WIB

JAKARTA: Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah menerbitkan izin penerbangan tambahan bagi sembilan maskapai nasional dan asing, dengan total kapasitas penumpang mencapai 39.448 orang.

Kapasitas tersebut melebihi penerbangan tambahan yang diterbitkan Kemenhub untuk maskapai nasional di perjalanan rute domestik pada periode yang sama tahun lalu, yakni 10.545 orang sekali terbang, atau 21.090 orang untuk rute pergi pulang.

Nurmaria Sarosa, Head of Corporate Communication Mandala Airlines, mengatakan minat masyarakat bepergian ke luar negeri memang cenderung meningkat saat akhir tahun.

Kenyataannya memang masyarakat ingin berlibur ke luar negeri, di samping tentu saja dalam negeri. Kalau di dalam negeri, yang menjadi rute favorit untuk liburan saat ini adalah JakartaDenpasar, paparnya Selasa 21 Desember.

Berdasarkan data Kemenhub, Mandala memperoleh penerbangan tambahan di rute JakartaHong Kong sebanyak 20 penerbangan (10 kali pergi pulang) dengan total kapasitas kursi penumpang 3.600 orang, menggunakan pesawat Airbus 320.

Penerbangan tambahan itu diberikan untuk periode 27 Desember 2010 sampai dengan 5 Januari 2011.

Nurmaria menuturkan pihaknya juga akan menambah rute penerbangan JakartaSingapura pp menjadi 3 kali sehari, dari saat ini hanya 1 kali sehari, mulai 25 Desember 2010.

Untuk rute JakartaSingapura seterusnya kami memang akan melayani penerbangan tiga kali sehari mulai awal tahun depan. Di JakartaHong Kong melalui extra flight, kami jadi terbang daily [setiap hari], dari biasanya 4 kali seminggu, katanya.

Layanan penumpang

Untuk rute domestik, penerbangan JakartaDenpasar menjadi primadona, ditandai dengan diterbitkannya penerbangan tambahan ke Garuda Indonesia (5.670 kursi), Indonesia AirAsia (7.200 kursi).

Adapun, Mandala mendapat tambahan penerbangan di rute YogyakartaDenpasar (1.080 kursi) dan JakartaSurabayaDenpasar (1.800 kursi).

Presiden Direktur PT Indonesia AirAsia Dharmadi memperkirakan maskapainya akan mengalami peningkatan volume penumpang liburan akhir tahun sekitar 20% dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.

Dharmadi mengaku hingga kini tiket penerbangan AirAsia selama Desember sudah habis terpesan. Namun, sejauh ini tingkat isian penumpang mencapai 80% tiap kali terbang, katanya kepada Bisnis Selasa 21 Desember.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sunoko mengatakan arus penumpang di Bandara SoekarnoHatta (Jakarta) pada periode liburan Natal dan tahun baru 2011 diprediksi mencapai 1,919 juta orang.

Jumlah penumpang diperkirakan meningkat 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 1,66 juta orang. Kami prediksikan ada peningkatan pergerakan penumpang sebanyak 250.349 orang tahun ini, katanya. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top