Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H&M dan Uniqlo lirik pasar Indonesia

JAKARTA: Dua ritel mancanegara, H & M dan Uniqlo, yang bergerak di bidang fashion mulai melirik dan melakukan penjajakan untuk penetrasi ke pasar Indonesia.Rudi Sumampouw, Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia(Aprindo) mengatakan banyak merek mancanegara

JAKARTA: Dua ritel mancanegara, H & M dan Uniqlo, yang bergerak di bidang fashion mulai melirik dan melakukan penjajakan untuk penetrasi ke pasar Indonesia.Rudi Sumampouw, Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia(Aprindo) mengatakan banyak merek mancanegara yang berniat penetrasi ke Indonesi pada 2011, termasuk kedua merek tersebut. Namun, dia enggan menyebutkan siapa saja dan berapa jumlah usaha retail mencanegara yang mulai melakukan penjajakan. "Banyak dari negara tetangga maupun negara mancanegara lainnya yang melirik pasar dalam negeri pada 2011. Mereka akan meramaikan pasar retail Indonesia di tahun depan, karena yang mulai penjajakan sejak tahun ini saja sudah banyak," ungkap Rudi saat dihubungi Bisnis hari ini.Menurut dia, umumnya retailer melihat peluang di ibu kota, yaitu Jakarta, tetapi dapat juga melihatperkembangan di daerah lain. Namun, Rudi mengakui belum mengetahui rencana kerja sama maupun pembukaan gerai karena hal tersebut sangat bergantung kepada proyeksi masing-masing retailer terhadap pasar yang berkembang di Indonesia.Rudi optimistis beberapa retailer sudah melakukan penjajakan serius, bahkan sudah mulai mengunjungi Indonesia, tetapi untuk penjajakan manajerial belum dapat dipastikan. "Kalau mereka ke sini, melihat, menjajaki, sudah ada. Tetapi mulai kerja sama pembukaan representative, tidak bisa saya ketahui," tambahnya.H & M sendiri merupakan perusahaan dengan core bisnis fashion serta kosmetik yang berdiri di Vsters, Swedia pada 1947 oleh Erling Persson. Saat ini H & M telah memiliki 2.200 toko di seluruh dunia. Selain itu, H & M juga memilikilayanan belanja online di beberapa negara Eropa. Sementara Uniqlo adalah merek yang dimiliki oleh Fast Retailing USA, Inc. berdiri pada 22 November 2004. Saat ini, Fast Retailing telah berkembang di 12 negara, termasuk Thailand dan Malaysia yang paling dekat dengan Indonesia.(msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper