Perikanan berikan sumbangan 3,4% pendapatan domestik bruto

JAKARTA: Kementerian Kelautan dan Perikananpada triwulan III/2010 menyumbangkan pendapatan domestik bruto (PDB) dari sektor perikanan sebesar 3,4%, lebih tinggi dari target tahun ini3%.
Arif Budi Winarto
Arif Budi Winarto - Bisnis.com 20 Desember 2010  |  09:06 WIB

JAKARTA: Kementerian Kelautan dan Perikananpada triwulan III/2010 menyumbangkan pendapatan domestik bruto (PDB) dari sektor perikanan sebesar 3,4%, lebih tinggi dari target tahun ini3%.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengungkapkanhingga 9 bulan pertama tahun ii kementerian berhasil merealisasikan beberapa indikator kinerja yang telah ditetapkan."Capaian itu menunjukkan bahwa kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan telah berjalan sesuai denganrelnya," ujarnyahari ini. Fadelmemaparkan kontribusiPDB dari sektor perikanan terhadap PDB nasionaldi luar minyak dan gas bumiberhasilmelampau target yang ditetapkan sebesar 3%.Adapundilihat dari kontribusi PDB perikanan terhadap PDB kelompok pertanian pada triwulan yang sama tercatat sebesar 19,2%. Hasil ini menempatkan sektor perikanan berada pada peringkat kedua di bawah tanaman pangan,bahkan melampaui tanaman perkebunan, peternakan, dan kehutanan.Fadel menjelaskantarget produksi perikanan yang dianggap berlebihan oleh banyak pihak, ternyata dapat direalisasikan. Dia mengatakan kunci keberhasilan adalah koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. "Selain itu juga melakukan pendataan kembali produksi perikanan budidaya diseluruh sentra-sentra budaya," tegasnya. Fadel menjelaskan hingga triwulan III/2010, produksi perikanan mencapai 8,55 juta ton atau sebesar 79,46%. Hasil ini, katanya, membuktikan bahwa target produksi perikanan sebesar 10,76 juta ton pada 2010 bukan hal sulit untuk dicapai. Menurut dia, produk perikanan tersebut berasal dari kegiatan perikanan tangkap sebesar 4,27 juta ton dan kegiatan perikanan budidaya sebesar 4,28 juta ton. "Atau dapat dikatakan bahwasetiap subsektor telah merealisasikan targetnya sebesar 79,37% dan 79,55% dari target yang direncanakan hingga triwulan III ini," katanya.(bas)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top