KEN yakin laju ekonomi RI tahun depan lebih cepat

JAKARTA: Ekonomi Indonesia tahun depan diperkirakan tumbuh sebesar 6,4% dengan total output perekonomian yang akan mencapai Rp7.726 triliun atau sekitar US$858,4 miliar.
Yanto Rachmat Iskandar
Yanto Rachmat Iskandar - Bisnis.com 20 Desember 2010  |  06:10 WIB

JAKARTA: Ekonomi Indonesia tahun depan diperkirakan tumbuh sebesar 6,4% dengan total output perekonomian yang akan mencapai Rp7.726 triliun atau sekitar US$858,4 miliar.

Perekonomian Indonesia tahun depan diperkirakan akan tumbuh lebih cepat seiring dengan prospek perekonomian global yang membaik. Perekonomian Indonesia saat ini berada pada fase ekspansi dari siklus bisnisnya.

Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung mengatakan data historis menunjukkan biasanya ekonomi Indonesia dapat berekspansi selama sekitar 7 tahun (rata-rata). Indonesia baru memasuki fase ekspansi lagi pada bulan Maret 2009.

Jadi, perekonomian Indonesia masih akan berada dalam fase ekspansi sampai tahun 2016, katanya dalam diskusi Prospek Ekonomi Indonesia 2011 hari ini.

KEN memperkirakan konsumsi, investasi dan ekspor masih akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara bersama-sama pada tahun depan. Mesin pertumbuhan ekonomi tahun depan diperkirakan akan lebih berimbang.

Pertumbuhan belanja rumah tangga diperkirakan akan tumbuh 5% tahun depan. Sementara belanja pemerintah diprediksi tumbuh 15,5% dan investasi (Pembentukan Modal Tetap Bruto) tumbuh 13,4% tahun depan.

Selain itu, membaiknya perekonomian dunia tahun 2010 telah meningkatkan kinerja ekspor kita dengan amat signifikan. Tahun depan, ekspor diperkirakan akan tumbuh 13%, katanya. (mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top