Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan wirausaha sarjana sedot Rp4 miliar

JAKARTA: Program sosialiasi pengembangan 1.000 Sarjana Wirausaha Baru Periode 2010 yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM mencapai 7.693 orang, dan dana yang telah digulirkan untuk pembiayaan sekitar Rp4 miliar.Agus Muharram, Deputi Bidang Pengembangan

JAKARTA: Program sosialiasi pengembangan 1.000 Sarjana Wirausaha Baru Periode 2010 yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM mencapai 7.693 orang, dan dana yang telah digulirkan untuk pembiayaan sekitar Rp4 miliar.Agus Muharram, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya KUMK Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan dari jumlah sosialiasi tersebut, sekitar 1.737 di antaranya telah mengajukan proposal pembiayaan usaha."Dari 1.737 proposal yang diajukan kepada Lembaga Pengelola Dana Begulir (LPDB-KUMKM), sekitar Rp4 miliar telah diberikan kepada mereka, karena proposal usahanya memang layak," ujar Agus Muharram kepada Bisnis hari ini.Proposal yang diajukan tidak semuanya diproses atau disetujui. Sebab, ada prosesi yang harus dilalui para calon sarjana wirausaha untuk mendapat permodalan yang disediakan Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB.Misalnya, harus mengikuti bimbingan teknis (Bimtek), setelah itu baru ditindaklanjuti dengan penilaian secara rasional sesuai rencana bisnis mereka. Adapun jumlah proposal yang sudah direalisasi hingga 3 Desember 2010 sekitar 150.Jumlah ini diperkirakan terus bertambah, karena proposal yang dinilai layak untuk difasilitasi dengan pembiayaan mencapai 582. Artinya, dari target penciptaan 1.000 wirausaha baru dari kalangan terdidik, telah melampaui 50% dari target awal.Menurut Agus, sosialiasi yang dilakukan Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan bersama seluruh jajaran instansi pemberdayaan koperasi dan masyarakat sektor riil itu, dilaksanakan pada beberapa perguruan tinggi di 17 provinsi. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Sarwani
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper