Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Department Store Debenhams mulai melirik Surabaya serta Ibu Kota provinsi lainnya di luar Jakarta sebagai lokasi gerai terbarunya paling cepat pada 2012.

Mitra Adiperkasa (MAP) sebagai pemilik lisensi Debenhams di Indonesia berencana meluaskan jangkauan Department Store Debenhams hingga ke Surabaya. Namun demikian, pihak MAP belum dapat memastikan kapan tahun pembukaannya karena menunggu kesiapan pusat perbelanjaan yang disasar.Kami tidak harus setiap tahun membuka [gerai department store] dengan intens dan banyak, karena harus melihat kesiapan mallnya. Kalau untuk tahun depan, mungkin belum ada, karena juga belum ada pusat perbelanjaannya. Kemungkinan paling cepat 2012, tutur Fetty Kwartati, Corporate Secretary MAP, hari ini. Fetty mengaku optimistis gerai Debenhams dapat dibuka di Surabaya pada 2012, dengan mengharapkan pada pembukaan pusat perbelanjaan baru di kota itu. Sementara di Jakarta sendiri, pada 2012 juga berpeluang dibuka gerai baru Debenhams sehubungan dengan rencana pembangunan Ciputra World dan Kuningan City.Dia mengakui MAP biasanya membutuhkan waktu 7 bulan - 1 tahun sebelum membuka gerai baru. Pihaknya cenderung bersikap hati-hati dalam memilih lokasi gerai, karena dianggap sangat penting dampaknya pada penjualan dan positioning mall. Ritel adalah soal pemilihan lokasi, tuturnya.Fetty menjelaskan masing-masing gerai Debenhams memiliki kelas yang sedikit berbeda karena disesuaikan dengan lokasinya. Dia mencontohkan Debenhams Senayan City dan Debenhams Supermall Karawaci, memiliki koleksi yang berbeda meski dengan merek-merek yang sama. Oleh karena itu koleksi Debenhams di Surabaya bila jadi dibuka akan disesuaikan dengan karakter penduduk Surabaya.Luas gerai Debenhams biasanya berkisar antara 10.000 15.000 m2.Department Store telah menyumbang 27% terhadap total pendapatan MAP berdasarkan kinerja 9 bulan 2010. Sebagai gambaran, MAP telah mengembangkan empat department store, a.l. Sogo, Debenhams, Seibu, serta Java/Lotus.(er)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper