Pemeriksaan KRL hingga akhir tahun

News Editor | 17 Desember 2010 10:58 WIB

JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia (KA) memastikan pemeriksaan bertahap terhadap kereta rel listrik (KRL) di Daerah Operasi I (Daop I) yang meliputi daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) masih akan berlanjut hingga akhir tahun.

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Daop I Mateta Rijalulhaq saat ini sudah ada ada 52 jadwal perjalanan untuk rute Jakarta-Bogor yang dibatalkan sejak KRL masuk bengkel perawatan pada Sabtu 11 Desember lalu.

Total sekarang ada 6 rangkaian KRL dengan 42 gerbong secara keseluruhan yang masuk dipo minggu ini, katanya pada Bisnis siang ini.

Layanan KRL Jabodetabek saat ini ditangani oleh PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ)anak perusahaan PT Kereta Api Indonesiaterutama untuk layanan tiket.

Mateta mengatakan keenam rangkaian tersebut masih dalam proses uji kelayakan teknis dan masih belum dapat keluar dipo. Katanya, pihak PT KA secepatnya akan mengusahakan proses pemeriksaan dan perbaikan KRL tersebut selesai.

Sampai sekarang masih belum ada rangkaian yang bisa keluar bengkel karena proses pemeriksaan tersebut, ujarnya.

Pemeriksaan terhadap 42 gerbong KRL Jakarta-Bogor ini merupakan tahap pertama untuk pemeriksaan kondisi KRL yang seluruhnya berjumlah 414 gerbong di Daop I. Menurut Mateta, hingga kini masih belum dapat dipastikan kapan pemeriksaan tahap II akan berlangsung.

Dalam sehari KRL Bogor-Jakarta dapat mengangkut sekitar 500 ribu penumpang dengan total 438 jadwal perjalanan.

Mateta mengatakan, dengan adanya pembatalan 52 jadwal perjalanan, kapasitas angkut penumpang berkurang hingga 27 ribu penumpang per hari, mengingat kapasitas KRL sekali angkut sebesar 500 penumpang. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top