TKI entrepreneur diberi penghargaan

Muhamad Yamin | 16 Desember 2010 09:33 WIB

JAKARTA : UKM Center Universitas Indonesia bekerjasama dengan Kemenko Kesra memberikan penghargaan kepada para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berprestasi membangun kewirausahaan dan memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitarnya.

Direktur UKM Center UI Nining I. Soesilo mengatakan terdapat empat penghargaan yang akan diberikan yaitu untuk pekerja migran yang mengembangkan purnaTKI wirausaha, remitansi produktif, purnaTKI motivator dan penghargaan bagi petugas pelayanan kepulangan pekerja migran.

"Penghargaan diperlukan agar pekerja migran bisa semakin terangsang mengembangkan kewirausahaan sehingga mampu memberi perkejaan bagi sendiri dan masyarakat sekitarnya. Jika a pengusaha TKI makin banyak, pekerja migran akan berkurang," ujarnya dalam Konferensi Pers Indonesia International Migran Worker Award, hari ini.

Menurut Nining, pekerja yang dapat mengembangkan bisnis dan mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat serta mampu menjalankan praktik bisnis yang sehat dan memiliki prospek usaha bagus, memerlukan apresiasi yang lebih dari pemerintah.

Hal itu, untuk menularkan dan memotivasi bagi seluruh masyarakat agar semakin terdorong untuk mengembangkan kewirausahaan di tengah lapangan pekerjaan yang semakin menyempit.

"Diharapkan pekerja migran yang berhasil mengembangkan bisnis bisa menjadi panutan guna mendorong masyarakat mengembangkan kewirausahaan dan menciptakan kemandirian dalam perekonomian."

Nining menambahkan pekerja migran yang dapat memanfaatkan jasa pengiriman uang internasional (remitansi) untuk kepentingan produktif merupakan bagian dari TKI yang dapat menumbuhkan kewirausahaan sehingga akan diberikan penghargaan khusus.

Proses penjurian terhadap TKI itu akan dilakukan mulai esok (17 Desember 2010) dan pengumuman pemenangnya pada 20 Desember 2010. (ra)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top