Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Sinar Mas Group akan menggenjot ekspor kertas ke Korea Selatan hingga US$100 juta, menyusul semakin terbukanya peluang ekspor ke negara itu setelah pencabutan pengenaan Bea Masuk Anti Dumping (BMAD).

Managing Director Sinar Mas Group Gandhi Sulistyanto mengatakan nilai ekspor kertas Sinar Mas Group ke Korsel sebelum dikenai BMAD mencapai US$100 juta. Namun, sejak kasus dumping yang dituduhkan oritas Korsel pada 2002, ekspor kertas ke negara itu turun hingga US$40 juta.Penurunan nilai ekspor kertas ke negara itu juga memengaruhi pangsa pasar Sinar Mas di Korea Selatan. Pangsa pasar kertas Sinar Mas yang dulunya menguasai 20%-25% di negara itu turun drastis hingga hanya 9%."Dengan pencabutan BMAD atas produk kertas Sinar Ma situ, tentunya peluang ekspor kami akan semakin terbuka lebar. Kami menargetkan ekspor ke negara itu kembali ke nilai sebelumnya atau bahkan bisa lebih tinggi dari angka itu," ujar Gandhi kepada Bisnis.Seperti diketahui, Korean Trade Commission (KTC) resmi mengakhiri pengenaan BMAD terhadap produk kertas berupa uncoated writing and printing paper dari Indonesia sejak Oktober lalu. Selain Indonesia, KTC juga menghentikan pengenaan BMAD terhadap produk China.Penghentian pengenaan BMAD ini dilakukan setelah investigasi selama 10 bulan oleh otoritas anti dumping di negara itu.Perusahaan Indonesia yang dikenakan tuduhan dumping adalah PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, PT Pindo Deli Pulp & Mills, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, dan April Pine Paper Trading Pte Ltd.Gandhi menambahkan meski telah mengalami kehilangan pangsa pasar yang cukup besar ke negara itu, produk Indonesia tetap masih bisa bersaing baik dengan produk domestik maupun dengan produk impor. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hilman Hidayat
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper