Australia perpanjang bantuan transportasi ITSAP

JAKARTA: Pemerintah Australia memperpanjang program bantuan untuk Indonesia dalam kerangka Indonesia Transport Safety Assistance Package (ITSAP) untuk empat tahun ke depan, yaitu pada 2010-2014 dengan nilai bantuan sebesar Aus$14,5 juta.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 Desember 2010  |  07:41 WIB

JAKARTA: Pemerintah Australia memperpanjang program bantuan untuk Indonesia dalam kerangka Indonesia Transport Safety Assistance Package (ITSAP) untuk empat tahun ke depan, yaitu pada 2010-2014 dengan nilai bantuan sebesar Aus$14,5 juta.

Menurut Menteri Perhubungan Freddy Numberi, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan transportasi Indonesia dalam hubungannya dengan standar internasional.

Kerjasama ini sangat baik bagi Indonesia, karena kita ingin mendapatkan kepercayaan dari dunia internasional, katanya seusai penandatanganan nota kesepahaman ITSAP bersama dengan Menteri Infrastruktur dan Transportasi Australia Anthony Albanese hari ini.

Menhub mengatakan, program ini akan dilaksanakan melalui bantuan teknis, pengembangan kapasitas, pemberian saran mengenai peningkatan tata kelola pemerintahan, serta praktek dan prosedur manajemen keselamatan.

Menurutnya struktur paket perjanjian akan mencakup 4 komponen, yang terdiri dari keselamatan transportasi dan manajemen kebijakan, keselamatan penerbangan, keselamatan transportasi maritim dan permukaan, serta manajemen paket.

Sementara itu, Anthony Albanese sebagai perwakilan dari pihak Australia, mengatakan kerjasama ini merupakan investasi bagi Australia untuk memastikan warganya yang melakukan perjalanan dari kedua negara terjamin keselamatannya.

Setiap tahun, lebih dari 1,3 juta orang melakukan perjalanan antar dua negara ini, jadi ini upaya agar mereka semua dapat tiba di tujuan dengan selamat, tuturnya.

Kerjasama ITSAP antara Indonesia dan Australia ini merupakan tahap lanjutan setelah kedua negara menandatangani MoU serupa pada 31 Januari 2008 yang berlaku hingga Juni 2010. Dalam MoU tahap pertama tersebut pemerintah Australia memberikan bantuan dalam bentuk hibah dari sebesar Aus$24,5 juta.

Sebelumnya pada 24-28 Mei 2010 telah dilakukan evaluasi dan review terhadap kegiatan-kegiatan ITSAP tahap I dengan fokus transportasi darat, laut, udara, dan investigasi kecelakaan dan insiden transportasi, tegas Menhub Freddy Numberi.

ITSAP tahap I dilakukan kedua negara dalam rangka peningkatan keselamatan transportasi di Indonesia. Dengan adanya perpanjangan program bantuan ini, Freddy berharap sub sektor terkait dari Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Australia dapat terus bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam keselamatan transportasi. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top