Kadin tekankan pertumbuhan ekonomi daerah

Basilius Triharyanto | 15 Desember 2010 11:39 WIB

JAKARTA : Kadin Indonesia menekankan penumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan kapasitas usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai kunci memperkuat peningkatan ekonomi ke depan.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan pemerintah harus melakukan terobosan untuk mengembangkan ekonomi daerah dan UKM terutama dengan meningkatkan revitalisasi di bidang industri dan pertanian.

Selain peningkatan infrastruktur dan sistem logistik nasional sebagai penopang utama penumbuhan ekonomi diperlukan adanya prioritas terhadap sejumlah sektor ekonomi unggulan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam lima tahun mendatang.

Terutama untuk sektor industri dan pertanian harus dikembangkan di daerah dengan menyusun rencana aksi yang lebih konkret guna pengembangan klaster industri unggulan yang prioritas dikembangkan dengan melibatkan dunia usaha, ujarnya hari ini.

Menurut Suryo, tantangan berat perekonomian nasional dalam menghadapi pembentukan pasar bebas Asean-China adalah bagaimana pemerintah bisa menjamin agar ekonomi di dalam negeri menjadi pusat produksi dan bukan menjadi pasar konsumen.

Untuk itu, persoalan ekonomi di kawasan Asean harus mendapatkan perhatian serius dalam berbegai kebijakan domestik terutama terkait bidang industri, pertanian dan jasa yang harus diperkuat di seluruh daerah di Indonesia.

Dengan memperkuat ekonomi daerah dan usaha mikro kecil berarti menciptakan fondasi yang kuat bagi perekonomian yang tentunya berimplikasi besar bagi kegiatan bisnis dan kesempatan kerja yang semakin besar serta menyiapkan pelaku ekonomi agar semakin kompetitif. (ra)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top