Daya saing UKM di pasar bebas dinilai lemah

JAKARTA : Pemerintah diminta untuk memberikan berbagai insentif ekonomi bagi usaha mikro kecil dan menengah agar memiliki daya saing ebih baik terhadap produsen luar negeri terutama menghadapi perdagangan bebas.
Basilius Triharyanto
Basilius Triharyanto - Bisnis.com 15 Desember 2010  |  07:59 WIB

JAKARTA : Pemerintah diminta untuk memberikan berbagai insentif ekonomi bagi usaha mikro kecil dan menengah agar memiliki daya saing ebih baik terhadap produsen luar negeri terutama menghadapi perdagangan bebas.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan tuntutan untuk peningkatan daya saing terhadap sektor usaha khususnya UKM harus dilakukan dengan menciptakan kondisi dan lingkungan bisnis yang kondusif.

Tanggungjawab pemerintah menciptakan lingkungan bisnis yang bersaing bagi UMKM sehingga bisa mensejajarkan posisi pelaku usaha domestik dengan pemain luar negeri baik dari efisiensi produks, terutama kebijakan yang memudahkan dan pemberian insentif.

"Kita harus bisa melihat bagaimana pesaing bisa memproduksi dengan harga murah, dan harus berani mengakui ada kelemahan di dalam negeri. Paling dominan justru ada di ranah pemerintah untuk bisa menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif, misalnya biaya logistik yang lebih murah, ujarnya seusai membuka Dialog Bisnis Akhir Tahun 2010 HKI di Jakarta hari ini.

Menurut Suryo, Kadin sebagai wadah terbesar dunia usaha berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya menciptakan lingkungan bisnis yang berdaya saing itu terutama dengan memberikan insentif pajak, memurahkan biaya logistik, biaya energi dan kemudahan dalam pengurusan dokumen perizinan usaha.

Semua itu, harus dikejasamakan antara pemerintah dan dunia usaha agar sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha pada saat ini dan ke depan.

Intinya daya saing itu harus diciptakan oleh pemerintah dengan menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif mulai dari perbaikan sisi kebijakan, insentif pajak dan berbagai biaya ekonomi serta kemudahan dalam perizinan." (ra)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top