Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantuan perikanan budidaya 2011 capai Rp200 miliar

JAKARTA: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KemenKP) menargetkan penyaluran bantuan langsung masyarakat (BLM) dari perikanan budidaya pada 2011 akan mencapai Rp200 miliar.Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyatakan peningkatan BLM ini terkait

JAKARTA: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KemenKP) menargetkan penyaluran bantuan langsung masyarakat (BLM) dari perikanan budidaya pada 2011 akan mencapai Rp200 miliar.Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyatakan peningkatan BLM ini terkait dengan target utama dari KemenKP untuk mencapai peningkatan 353% produk perikanan budidaya. "Terkait hal tersebut maka target penyaluran BLM 2011 untuk perikanan budidaya naik dibandingkan dengan yang lainnya," ujarnya baru-baru ini.Dia mengatakan pada tahun depan BLM untuk perikanan budidaya mencapai Rp200 miliar, perikanan tangkap sebanyak Rp100 miliar, petambak garam Rp76 miliar, dan untuk pengolahan Rp20,4 miliar. Fadel menyatakan total BLM untuk tahun depan mencapai Rp396,4 miliar.BLM adalah bantuan yang diberikan kepada masyarakat atau lembaga non pemerintah untuk mningkatan pendapatan, peningkatan kesempatan kerja untuk masyarakat dibidang kelautan an perikanan.Sementara itu, pada 2011 KemenKP juga akan menyalurkan 408 paket sarana pengolahan ikan untuk 408 kelompok pengolah dan pemasaran hasil perikanan. Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Martani Huseini menyatakan 408 paket itu senilai Rp20,4 miliar. "Paket tersebut akan disalurkan melalui BLM," ujarnya.Dia mengatakan paket tersebut terdiri dari empat paket utama yakni unit pengolahan bakso ikan, abon ikan, nauget ikan, dan unit pengemasan produk pengolahan ikan. Sementara empat paket tambahan yakni unit pengolahan kerupuk ikan, sosis ikan, kaki naga, dan rumput laut akan didampingkan. Yang pasti, katanya, BLM merupakan salah satu upaya mencapai target perikanan budidaya 2014.Martani menyatakan paket BLM yang akan disalurkan pada 2011 ini merupakan bagian dari pengembangan usah mina pedesaan (PUMP) bidang pengolahan. Kegiatan ini, katanya, merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang langsung dikoordinasikan oleh Wakil Presiden.Bisnis mencatat BLM, PUMP, dan PNPM merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk membantu masyarakat pesisir. Pada 2009, katanya populasinya mencapai 16,42 juta jiwa yang berdomisili tersebar di 8.090 desa pesisir. (mrp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper