Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Teater Jakarta libatkan 16 grup terbaik

JAKARTA: Festival Teater Jakarta (FTJ) ke-38 yang digelar pada 16-26 Desember 2010 itu melibatkan 16 grup teater terbaik dari lima wilayah Jakarta. Beragam acara akan digelar, mulai pameran, pasar drama, workshop penulisan, peluncuran buku, hingga pemutaran

JAKARTA: Festival Teater Jakarta (FTJ) ke-38 yang digelar pada 16-26 Desember 2010 itu melibatkan 16 grup teater terbaik dari lima wilayah Jakarta. Beragam acara akan digelar, mulai pameran, pasar drama, workshop penulisan, peluncuran buku, hingga pemutaran dokumentasi video teater.Ags Arya Dipayana, Ketua Panitia FTJ 2010, mengatakan festival kali ini mengangkat tema Membaca Aku Membaca Laku, suatu tawaran untuk platform kerja teater 3 tahun ke depan.Festival di Taman Ismail Marzuki ini merupakan babak final seleksi dari tingkat wilayah dan akan menyuguhkan hasil pergulatan dan pencapaian artistik masyarakat teater di Ibukota, di Teater Luwes dan Teater Kecil.Ajang kompetisi para teaterawan Jakarta ini terselenggara sejak 1973 yang diprakarsai Wahyu Sihombing, didukung oleh Dewan Kesenian Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta waktu itu, Ali Sadikin. FTJ dalam perkembangannya menjadi barometer teater di Jakarta.Sejauh ini penyelenggaraan yang konsisten telah melahirkan 23 kelompok teater senior, untuk melanjutkan kiprah mereka di kancah seni pertunjukan nasional dan internasional. Peserta FTJ adalah kelompok-kelompok teater komunitas di Jakarta," ujarnya, hari ini.Dipayana mengatakan pada penyelenggaraan kali ini akan diluncurkan buku Naskah Drama Indonesia terbitan Yayasan Lontar di Lobby Teater Kecil. Buku lainnya Perjalanan Teater Kedua, dan Antalogi Tubuh dan Kata karya Afrizal Malna .Untuk menunjang acara lomba, dipilih 5 orang juri yakni Putu Wijaya, N. Riantiarno, Ratna Sarumpaet, Dindon WS dan Franky Raden. Dewan juri akan memilih kelompok yang berhak atas 11 penghargaan, meliputi Grup Terbaik, Grup Favorit, Grup yang Dipujikan, Sutradara Terbaik, Artistik Terbaik, Aktor dan Aktris Terbaik, Aktor dan Aktris Pembantu Terbaik, Penata Musik Terbaik dan Naskah Asli Terbaik.Setiap hari akan dilaksanakan dua pertunjukan. Pertunjukan pertama dilaksanakan di Teater Luwes IKJ pada jam 15.30, sedang pertunjukan kedua dilaksanakan di Teater Kecil pada jam 19.30, tandasnya.(mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ria Indhryani
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper