Proyeksi inflasi 6,5% masih sesuai asumsi

JAKARTA: Pemerintah menilai proyeksi inflasi 2010 oleh Bank Indonesia di kisaran 6,5% masih sesuai dengan asumsinya yang sekitar 5 plus/minus 1%.
Yanto Rachmat Iskandar | 13 Desember 2010 12:26 WIB

JAKARTA: Pemerintah menilai proyeksi inflasi 2010 oleh Bank Indonesia di kisaran 6,5% masih sesuai dengan asumsinya yang sekitar 5 plus/minus 1%.

Agus D. W. Martowardojo, Menteri Keuangan, menuturkan yang menjadi tantangan bagi pemerintah dan Bank Indonesia pada penghujung tahun ini adalah mengendalikan laju inflasi sesuai dengan asumsi 5 plus/minus 1%. Namun, perkiraan absolutnya kemungkinan berkisar 6,1-6,4%.Tapi kalau BI mengatakan (inflasi 2010) 6,5%, kami juga melihat itu bukan suatu yang berbeda, katanya.Sementara untuk tahun depan, lanjut Agus, jika kebijakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jadi diterapkan, maka akan sedikit member tekanan inflasi. Kendati demikian, pemerintah dan Bank Indonesia akan berusaha untuk menjaga laju inflasi sesuai dengan asumsi di APBN 2011 sebesar 5,3%.Kami juga sudah memperhatikan tren kenaikan harga-harga komoditas, kami sudah bicarakan ekonomi makro maupun global dan kami sudah sepakat dengan asumsi-asumsi yang lainnya, tegas dia.Terkait tren harga minyak yang meningkat, Menkeu melihat itu baru pergerakan awal yang masih bisa berubah. Namun, pemerintah akan memberikan perhatian khusus untuk harga komoditas tersebut secara khusus dan ketat.PAda kesempatan yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedi Saleh mengatakan penerapan pembatasan BBM bersubsidi untuk tahap awal baru akan dilakukan di Jabodetabek pada tahun depan. dampaknya terhadap inflasi juga hanya akan terjadi di wilayah tersebut dengan estimasi lonjakanm sebesar 0,15%. (mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top