Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPK perluas kerja sama ke pemda

JAKARTA: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI segera akan mengadakan MoU dengan pemerintah daerah terkait kerjasama pengembangan dan pengelolaan sistem informasi sebagai sarana pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Ketua BPK Hadi Poernomo

JAKARTA: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI segera akan mengadakan MoU dengan pemerintah daerah terkait kerjasama pengembangan dan pengelolaan sistem informasi sebagai sarana pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Ketua BPK Hadi Poernomo mengatakan hal ini untuk mengurangi potensi kerugian negara dari pengelolaan dan pelaksanaan anggaran transfer ke daerah yang belum cukup transparan dan akuntabel. "Kita juga akan kembangkan dana transfer ke daerah itu, nanti kita dapat secara otomatis, secara real time kita bisa memonitor," katanya di sela-sela acara penandatanganan kerjasama akses data dengan Kementerian Dalam Negeri hari ini.Anggaran transfer ke daerah dialokasikan kepada daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi yang terdiri dari dana perimbangan, dana otonomi khusus dan penyesuaian. Pemerintah mengalokasikan anggaran transfer ke daerah dalam APBN 2011 sebesar Rp392,98 triliun. Pada kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi sangat mendukung rencana BPK tersebut. Menurut Gamawan yang juga mantan Gubernur Sumatera Barat itu, akses data berbasis internet oleh BPK dapat memonitor pelaksanaan anggaran transfer ke daerah yang dikelola oleh pemda dalam APBD setiap harinya. "Saya berharap daerah, provinsi juga bisa diakses seperti ini nanti. Kita akan dukung program BPK ini untuk melanjutkan ke tingkat provinsi dan kabupaten," katanya. (bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper