Wapres: Pembangunan bagian dari HAM

Aprilian Hermawan
Aprilian Hermawan - Bisnis.com 10 Desember 2010  |  10:10 WIB

JAKARTA: Wakil Presiden Boediono menyatakan bahwa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah termasuk dalam perwujudan pemenuhan hak asasi manusia (HAM) untuk memenuhi hak-hak dasar warga.

Menurut Wapres, pembangunan merupakan bagian dasar dari pelaksanaan HAM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di sini yang saya maksud pembangunan termasuk kesehatan, pendidikan, pendapatan per kapita, hak gizi. Semua ini demi tercapainya pelaksanaan HAM di Indonesia, ujarnya saat memberikan sambutan peringatan Hari HAM Sedunia di Istana Wapres, hari ini.

Hari HAM Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Desember. Dalam peringatan itu hadir Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Ifdhal Kasim, dan aktivis HAM Usman Hamid

Lebih lanjut, Wapres mengatakan jika mewujudkan hak asasi manusia tidak cukup dengan aturan di atas kertas saja. Perwujudan HAM itu harus dilakukan dari kehidupan sehari-hari dari mulai hal-hal yang kecil seperti sikap terhadap tetangga, anak buah, dan relasi.

Menurtu Wapres pemerintah sudah memiliki perangkat aturan yang cukup dalam di bidang HAM. Namun, Boediono memahami pemerintah masih harus bekerja keras dalam upaya penegakkan HAM. Salah satunya adalah pendekatan kepada masyarakat untuk memiliki rasa kewajiban asasi manusia untuk menghargai hak asasi manusia.

"Pendekatan itu akhirnya kembali ke manusia. Itu barangkali tidak perlu menunggu aturan sempurna," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top